Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

PLN Selesaikan Pembangunan Extension IBT#2 GITET 275 kV/150 kV Simangkuk di Toba, capaian TDKN 87 Persen

Minggu, 11 Desember 2022, 07:40 WIB Last Updated 2023-01-23T09:28:29Z

 


Jajaran PLN UPP3 yangmendukung energize Extension IBT#2  Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275/150 kilovolt (kV) Simangkuk/foto : ist


GREENBERITA.com-Toba || PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan pembangunan Extension IBT#2  Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275/150 kilovolt (kV) Simangkuk yang berlokasi di kawasan Jalan Bisuk Pangombusan, Desa Pangombusan, Kec. Parmaksian, Kab. Toba, Sumatera Utara. 


Rampungnya salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) itu ditandai dengan Energize Trafo IBT #2 Kapasitas  250 MVA GITET 275/150 kV Simangkuk pada Kamis malam, 8 Desember 2022 pukul 20.31 WIB. 


Energize trafo IBT #2 GITET 275/150kV Simangkuk itu dihadiri Manajer UPP SBU 3 Joko Purnomo, ULTG Toba dan Pusertif. 


Manajer UPP3 Joko Purnomo menjelaskan, manfaat dari energize ini diantaranya untuk meningkatkan keandalan sistem ketenagalistrikan di wilayah Sumatera Utara dan mendukung keandalan penyaluran Green Energy dari PLTA Asahan. 


"Jumlah Tingkat Kemampuan Dalam Negeri (TKDN) proyek ini mencapai 87 %. terangnya. 


Terpisah, GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha dalam keterangannya menjelaskan bahwa pembangunan extension IBT #2 GITET 275/150 kV Simangkuk ini selesai tepat waktu dan _zero accident_.


"Keandalan sistem kelistrikan memegang peranan penting dan mutlak dalam mendukung perekonomian masyarakat. Di masa peralihan pandemi menjadi endemi, PLN siap hadir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sumut," katanya.  


Octa juga mengatakan, keberhasilan pembangunan Extension IBT #2 GITET 275/150kV ini adalah wujud dedikasi PLN secara penuh dalam melistriki seluruh negeri. 


"Secara konsisten PLN selalu berupaya meningkatkan keandalan kelistrikan di seluruh Indonesia. Bahkan untuk kesekian kalinya, PLN kembali menunjukkan wujud nyata dedikasinya dengan peningkatan keandalan kelistrikan di Sumut" ujarnya. 


Lebih jauh ia menjelaskan, keberhasilan _energize_  IBT#2 GITET 275/150 kV Simangkuk ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan penuh dari pemerintah setempat. Proses _energize_ dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan tes dan pengujian peralatan (commissioning) berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB). 


"Keandalan kelistrikan Sumut meningkat dengan keberhasilan pemberian tegangan pada IBT#2 GITET 275/150kV Simangkuk ini. PLN Group dan _stakeholder_ terkait sangat berperan dari awal pelaksanaan pekerjaan, hingga akhirnya dapat dilakukan pemberian tegangan pertama ini,” ucapnya. 


Dia berharap, _energize_  IBT#2 GITET 275/150kV Simangkuk ini tidak hanya meningkatkan keandalan di sektor kelistrikan di Sumut, tetapi juga berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 


“Kami optimistis dengan peningkatan keandalan kelistrikan akan mendukung dunia usaha, khususnya warga yang ada di wilayah sub sistem Toba. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” katanya. (Aa)

Iklan