Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Buka Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Redistribusi Tanah, Vandiko Gultom: 1000 Bidang Tanah tahun ini

Rabu, 14 Desember 2022, 21:49 WIB Last Updated 2022-12-14T14:49:18Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Drs.Tunggul Sinaga,M.Si secara resmi membuka Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (Tahap II) Kegiatan Redistribusi Tanah T.A 2022 yang digelar oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Samosir di Aula Kantor Bupati Samosir, Selasa (13/12/2022). 


Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) Kegiatan Redistribusi Tanah T.A 2022 Kantor Pertanahan Kabupaten Samosir di hadiri oleh para narasumber yaitu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Samosir Rizki Kurniawan, S.P, Analis Rencana Program dan Kegiatan pada KPH Wil.XIII Dolok Sanggul Rosinto Naibaho,S.Hut, Ps. Kepala Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Samosir Ardika J.Napitupulu,S.H beserta para Kepala Desa terkait.

'Kegiatan redistribusi tanah merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka pembagian akte pemberian tanah yang bersumber dari objek redistribusi tanah kepada subjek redistribusi tanah dengan pemberian tanda bukti hak yaitu sertifikat tanah," tegas Bupati Samosir Vandiko Gultom. 

Pada tahun 2022 ini Kantor Pertanahan Samosir melaksanakan kegiatan redistribusi tanah sebanyak 1000 bidang yang dilaksanakan di 7 desa dan 1 Kelurahan yaitu Desa Parbaba Dolok Kecamatan Pangururan dengan target 191 bidang, Desa Pardomuan Nauli Kec. Pangururan target 137 bidang, Desa Ronggurnihuta Kec.Ronggurnihuta target 97 Bidang, Desa Tanjung Bunga Kec.Pangururan target 240 bidang, Desa Boho Kecamatan Sianjur Mulamula target 100 bidang, Desa Aek Sipitudai Kec. Sianjur Mulamula target 60 bidang, Desa Hutagalung Kec.Harian target 50 Bidang, kelurahan Siogung Ogung dengan target 125 bidang, tanah yang menjadi objek redistribusi tersebut dan berasal dari pelepasan kawasan hutan sesuai keputusan menteri lingkungan hidup Republik Indonesia SK/6609/MENLHK/PKTL/PLH./10/2021 tentang Peta perkembangan Kawasan Hutan Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Rizki Kurniawan memberikan penjelasan tentang Dokumentasi kegiatan sidang PPL, progres kegiatan redistribusi tanah oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Samosir.

"Penjelasan Peta Lokasi tentang Kondisi dan status tanah yang menjadi sengketa dan status tanah yang termasuk dalam kawasan hutan di Kabupaten Samosir," 
Kepala Kantor Pertanahan Rizki Kurniawan. 

Diakhir sambutannya, Vandiko Timotius Gultom berharap kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Samosir agar Penerbitan dan pembagian sertifikat Tanah kepada masyarakat.

"Segera diproses sebagai kado natal untuk tahun 2022 dan Kepada Bapak Kepala Desa harapan saya agar dicek daerahnya masing masing sesuai dengan target yang sudah ditetapkan," pungkas Vandiko Gultom. 

(Gb-Aksel02)

Iklan