Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Serahkan Alsintan dan Puluhan Ton Bibit, Vandiko Gultom: Kita Terus Wujudkan 10 Program Bupati Samosir

Rabu, 14 Desember 2022, 21:52 WIB Last Updated 2022-12-14T15:13:56Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyerahkan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan bibit kepada Kelompok Tani Se-Kabupaten Samosir, di halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Rabu (14/12/2022).

Program ini merupakan bagian dari upaya Bupati Samosir untuk mewujudkan 10 program nya khususnya di bidang pertanian. 

Adapun bantuan alsintan yang diberikan terdiri dari 7 unit pompa air dan 3 unit traktor roda 2 yang bersumber dari dana APBN TA. 2022. 

Kemudian, bantuan bibit Jagung Hibrida P32 sebanyak 14.150 Kg dan bibit Bawang Merah sebanyak 20.275 Kg yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Samosir Tahun 2022. Adapun bantuan alsintan yang diberikan, 7 unit pompa air dan 1 unit traktor roda 2 merupakan aspirasi dari Bapak Djarot Saiful Hidayat Anggota DPR RI.

Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, menuturkan bahwa kelompok Tani (poktan) penerima bantuan adalah poktan yang tidak mendapat bantuan dari APBN dan Dana Desa dan telah menyampaikan proposal terlebih dahulu.

"Adapun poktan penerima bantuan alsintan berupa Pompa Air adalah Poktan Karya Bakti Desa Lintong Nihuta, Poktan Bange Jaya Tani Desa Sabungan Nihuta, Poktan Bina Bersama Desa Sijambur, Poktan Maduma Desa Habeahan Naburahan, Poktan Sejahtera Tani Desa Siopat Sosor, Poktan Tambun Desa Lumban Suhisuhi Toruan dan Poktan Makmur Desa Hutarihit. Penerima Traktor Roda 2 adalah Poktan Horas Tani Desa Sijambur, Poktan Satahi 2 Desa Pardomuan dan Poktan Sejahtera Sipinggan Lumban Siantar," jelas Kadis Ketapang Pertanian Samosir Dr Tumiur Gultom. 

Sementara penyaluran Bibit Jagung Hibrida P32 sebanyak 14.150 Kg adalah Kecamatan Harian sebanyak 520 Kg untuk 4 kelompok tani, Kecamatan Sianjur Mulamula sebanyak 1.770 Kg untuk 19 kelompok tani, Kecamatan Simanindo sebanyak 3.960 Kg untuk 34 kelompok tani, Kecamatan Ronggur Nihuta sebanyak 1.350 Kg untuk 10 kelompok tani, Kecamatan Pangururan sebanyak 1.680 Kg untuk 12 kelompok tani, Kecamatan Sitiotio sebanyak 1.650 untuk 11 kelompok tani, Kecamatan Onan Runggu sebanyak 600 Kg untuk 5 kelompok tani, Kecamatan Nainggolan sebanyak 1.320 Kg untuk 11 kelompok tani dan Kecamatan Palipi sebanyak 990 Kg untuk 9 kelompok tani.

Vandiko Gultom bagikan Alsintan dan puluhan ribu bibit kepada poktan di Samosir, (14/12/2022)

Kemudian, bibit Bawang Merah yang disalurkan adalah sebanyak 20.275 Kg, terdiri dari varietas Bima Brebes sebanyak 10.000 Kg dan varietas Biru Lancor 10.275 Kg, dan juga akan disalurkan keseluruh kelompok tani yang sudah menyampaikan proposal.

Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Samosir akan terus berkomitmen memberikan bantuan bibit gratis kepada para petani.

"Baik itu dari skema anggaran pemerintah pusat ataupun daerah, tentunya melalui sinergitas yang sudah terbangun selama ini," tekad Vandiko Gultom. 

Melalui Dinas Ketapang dan Pertanian, penyaluran dan pemanfaatan bantuan ini akan terus dipantau supaya tidak terjadi penyimpangan. 

"Saya harapkan bantuan ini dibagi rata kepada semua anggota kelompok, jangan sampai diperjualbelikan", tegas Vandiko Gultom 

Bupati Samosir juga meminta Dinas Ketapang dan Pertanian agar meminta kontak person seluruh anggota kelompok tani supaya sewaktu-waktu bisa dicek langsung, bilamana ada isu bahwa bantuan ini tidak tersalur dengan baik.

Menyikapi permasalahan kelangkaan pupuk saat ini, Bupati Samosir mengajak para petani untuk beralih ke pupuk organik. 

"Pemerintah daerah akan memfasilitasi para petani melalui pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan padat, saya sudah menyiasati hal ini dan telah sampaikan kepada seluruh Kepala Desa agar tahun depan mengupayakan pengadaan mesin pencacah kompos disetiap desa, bila memungkinkan akan disuplai juga dari APBD", ujar Vandiko Gultom. 

Kepada PPL, Bupati meminta agar terus melakukan pendampingan dalam melaksanakan budidaya untuk pelaksanaan program dan kegiatan pertanian, sehingga tercapai peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang. 

(Gb-Aksel02)

Iklan