Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Kodam I/BB dan PLN Kolaborasi Pendampingan Tugas dalam Mendukung Elektifikasi Nasional

Rabu, 30 November 2022, 23:31 WIB Last Updated 2023-01-23T10:51:00Z

Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin dan General Manager Octavianus Duha melakukan pertemuan membahas pendampingan tugas dalam mendukung elektrifikasi nasional/foto : ist


GREENBERITA.com-Medan || PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut), melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kodam I/Bukit Barisan dalam pendampingan pelaksanaan tugas di bidang ketenagalistrikan dalam mendukung elektrifikasi Nasional, Rabu (30/11/2022). 


Kegiatan yang berlangsung di Markas Kodam I/ Bukit Barisan, Jl. Gatot Subroto No. km 7,5, Kel. Cinta Damai, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara tersebut, langsung dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin. 


Tampak mendampingi jajaran pejabat utama Kodam I/BB diantaranya Kasdam Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE, M.Hum, Irdam Brigjen TNI Boni Christian Pardede, SE, Kapoksahli Brigjen TNI Brigadir Jenderal TNI Djashar Djamil, Asintel Kolonel Inf Trijoko Adiwiyono, SH, M.Si, Asops Kolonel Inf Hindratno Devidanto, Aster Kolonel Arh Dedik Ermanto, SIPMT, Kakumdam Letkol Chk Muhammad Irham Djannatung, SH dan Kapendam Kolonel Inf Rico Julyanto Siagian, S.Sos. 


Sedangkan hadir dari PLN UIP Sumbagut General Manager Octavianus Duha yang didampingi SRM PPK Cokky Antonius Fery Yuska, Manajer UPP 3 Joko Purnomo, MSB Pertanahan  Andi Rizki dan Manajer Pertanahan UPP 3 Enri Siahaan. 


Dalam kegiatan bertajuk Penandatanganan PKS antara Markas Besar TNI Angkatan Darat dan PT PLN (Persero) UIP Sumbagut, langsung dilakukan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin dan General Manager Octavianus Duha. 


Dalam kesempatan itu, GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha mengatakan, dengan ditandatanganinya PKS ini diharapkan Kodam I/BB khususnya dapat mendukung dan membantu PLN dalam bidang ketenagalistrikan yang meliputi pembangunan pembangkit, transmisi, gardu induk termasuk kegiatan perijinan, pengadaan lahan dan ruang bebas (Right of Way) yang diperlukan serta terjalinnya hubungan kerjasama yang baik dan harmonis antara PLN UIP Sumbagut dan Kodam I/BB. 


"Pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya menyampaikan salam perkenalan sebagai General Manager PT PLN (Persero) UIP Sumbagut sebagai bagian BUMN yang melaksanakan pembangunan ketenagalistrikan untuk kepentingan umum yang diamanatkan oleh Pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. 


Octa juga mengatakan, kita ketahui bersama bahwa Tentara Nasional Angkatan Darat merupakan institusi Militer yang secara hierarkis berada dibawah Tentara Nasional Indonesia yang memiliki tugas pokok dalam bentuk operasi militer selain perang juga mempunyai tugas melaksanakan mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis


"Olehnya kami berharap apa yang telah kita lakukan bersama ini (yaitu penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis ini dapat berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Dan tak lupa juga kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Pangdam beserta seluruh jajaran yang telah menerima kami dengan sangat baik," tandasnya. 


Lebih jauh ia merinci, saat ini pihaknya tengah mengerjakan sejumlah Proyek Strategis Nasional yang menjadi prioritas diantaranya PLTA Kumbih 3 (45MW) (pengurusan penetapan lokasi yg akan dilanjutkan ke tahap pelaksanaan pengadaan tanah) dan PLTA Asahan 3. 


"Perlu kami sampaikan juga bahwa PLTA Asahan 3, 2x87MW dan PLTA Kumbih 3 ( 45 MW),  merupakan proyek PSN yang menggunakan energi baru terbarukan (EBT)," terangnya. 


Di akhirnya pidatonya, Octa berharap apa yang dilakukan bersama ini bernilai ibadah dan tentunya berguna untuk kemajuan bangsa. 


Sementara, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Cardin dalam kesempatan itu berjanji akan mendukung setiap upaya PLN dalam menuntaskan semua PSN di wilayah teritorialnya. 


"Sebagai wujud kerjasama ini, seluruh personel Kodam I/BB akan mendukung PLN semaksimal mungkin dalam mewujudkan target menerangi hingga seluruh pelosok Negeri khususnya di wilayah Kodam I/BB," pungkasnya. 


Sebagai penutup kegiatan, Pangdam I/BB dan GM PLN UIP Sumbagut saling bertukar cenderamata dan diakhiri dengan berfoto bersama. (Aa)

Iklan