Kadinkes Samosir Berangkatkan Relawan PMI Samosir Ikuti Jambore TKR ke- III -->

VIDEO

Kadinkes Samosir Berangkatkan Relawan PMI Samosir Ikuti Jambore TKR ke- III

Kamis, 27 Oktober 2022

GREENBERITA.com- Kepala Dinas Kesehatan Samosir (Kadinkes) Dr Dina Hutapea MM melepas para relawan PMI Samosir mengikuti kegiatan Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara di Kantor PMI Samosir, Jalan Hadrianus Sinaga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. 


Jambore Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara dilaksanakan selama 6 hari di Aek Nauli Kabupaten Simalungun dari tanggal 27 Oktober sampt 01 November 2022.

Dalam amanatnya, Kadinkes Samosir Dr Dina Hutapea berharap seluruh relawan PMI Samosir dapat sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini sembari menjaga diri dan kesehatan masing-masing. 

"Jambore TKR PMI Sumatera Utara ini merupakan salah satu strategi pembinaan dan pengembangan relawan yang dikemas untuk melakukan evaluasi dan pembinaan serta mempertemukan para Sukarelawan PMI untuk bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI Samosir," ujar Dr Dina Hutapea. 

Dia juga berharap proses pembinaan dan pengembangan relawan melalui Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara dapat dipahami oleh semua jajaran SDM (Sumber Daya Manusia) PMI.

"Sehingga kedepannya dapat bersinergi dengan Pemkab Samosir dalam penanggulangan bencana dan kegiatan lainnya," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua PMI Samosir Pantas Sinaga berharap Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara ini dapat menghasilkan tersedianya akses keterlibatan Sukarelawan dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI.

"Sehingga dapat sebagai pengakuan dan penghargaan kepada Sukarelawan sembari dapat menciptakan solusi untuk sarana dan evaluasi sebagai proses pembinaaan danpengembangan Sukarelawan untuk memperkuat kapasitas dan pelayanan PMI," pesan Pantas Sinaga. 

Senada, Sekretaris PMI Samosir Fernando Sitanggang menyatakan Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara ini juga dapat menjalin sistem kerja sama dan jejaring Sukarelawan di Tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dengan melibatkan perwakilan relawan dari seluruh Indonesia yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR) Tenaga Sukarela (TSR) dan Donor Darah Sukarela (DDS), dan acara ini dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah ajang pertemuan bagi para relawan PMI dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara dan beberapa perwakilan sukarelawan dari Provinsi terdekat dari Provinsi Sumatera Utara, sehingga diharapkan melalui acara ini para sukarelawan dapat memperluas jejaring mereka dari berbagai segi diantaranya budaya, pendidikan, serta minat dan bakat," jelas Fernando Sitanggang. 

Selain itu, para sukarelawan juga akan dilibatkan dalam perancangan peran dan kegiatan mereka dimasa yang akan datang guna mendukung program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI khususnya di Sumatera Utara.

PMI Samosir mengirimkan 6 orang relawannya untuk mengikuti kegiatan jambore Temu Karya Relawan III PMI Sumatera Utara dengan persiapan yang telah dilakukan selamat 15 hari. 

(Gb-Aksel 02)

Loading...