Ria Gurning Temui Kadishut Sumut, Minta Dukungan Penghijauan Tanaman Endemik di Samosir -->

VIDEO

Ria Gurning Temui Kadishut Sumut, Minta Dukungan Penghijauan Tanaman Endemik di Samosir

Kamis, 01 September 2022

Pemerhati, Sosial Budaya Dan Lingkungan Samosir melakukan Audiensi dengan Kadishut Sumut Ir Herianto MSi, Kamis (1/9/2022) 

GREENBERITA.com-
Pemerhati Sosial, Budaya dan Lingkungan Samosir, Ria Gurning SP melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Ir Herianto M.Si di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja Medan pada Kamis, 01 September 2022.

Ria Gurning meminta kesediaan Kadis Kehutanan Provinsi Sumut mendukung penghijauan kembali hutan yang terbakar beberapa waktu yang lalu. 

"Tentunya dengan memberikan kesempatan kepada kelompok tani setempat dengan membentuk registrasi by name by adress," ujar Ria Gurning ketika dikonfirmasi Greenberita. 

Dia juga meminta agar diberikan ijin membentuk pola Perhutanan Sosial sehingga dapat membina dan mendampingi kelompok tani pada penghijauan tersebut. 

"Khususnya untuk penanaman pohon andemik disekitar Samosir," ujar Ria Gurning yang disampaikan oleh Penggiat Sosial Epah Siahaan. 

Menurutnya, pola penghijaun akan dilaksanakan setelah adanya tinjauan dari Dinas Kehutanan dengan berkoordinasi bersama kelompok tani yang sudah terbentuk.

"Dengan adanya kelompok tani yang dibina oleh Perhutanan Sosial akan mempermudah mengetahui apabila terjadi kebakaran hutan, dan untuk bantuan pohon akan didukung sepenuhnya apa saja yang diminta kelompok tani di Samosir," tegasnya. 

Menyikapi permintaan tersebut, Kadishut Provinsi Sumut mendukung sepenuhnya pola penghijauan hutan yang terbakar sebanyak 600 hektar.

"Dengan bantuan Perhutanan Sosial yang membentuk kelompok tani dikawasan hutan yang terbakar serta fasilitasi dengan memberikan ijin sesuai nama dan alamat kelompok tersebut," ujar Kadishut Sumut, It Herianto. 

Penghijauan secara massal sembari perawatan yang baik ini diharapkan dapat mengembalikan kehijauan pepohonan yang sempat terbakar beberapa waktu belakangan ini. 


(Gb-Aksel 02)

Loading...