Bersama KMDT, PBB Samosir Tanam Pohon di Sigulati Sianjurmula -->

VIDEO

Bersama KMDT, PBB Samosir Tanam Pohon di Sigulati Sianjurmula

Sabtu, 17 September 2022

Bersama KMDT, PBB Samosir turut melakukan penanaman pohon di perkampungan Siraja Batak Sigulati Sianjurmula, (16/9/2022)

GREENBERITA.com- Bersama Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Pemuda Batak Bersatu (PBB) melakukan penanaman ratusan pohon di perkampungan Siraja Batak Sigulati Sianjurmula Kabupaten Samosir, Jumat (16/9/2022). 

Adapun pohon yang disumbangkan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara ini terdiri dari Pohon Makadonia, Mangga dan Alpokat ditanam disekitar lereng Gunung Pusuk Buhit yang beberapa waktu lalu secara massif terbaik sekitar 600 hektare. 

"Kami melihat gerakan kebaikan dari KMDT adalah sesuatu yang patut ditiru, dan kami dari PBB Samosir mempunyai kepentingan yang sama untuk menghijaukan kembali Samosir dari kebakaran yang terjadi bulan Agustus lalu," ujar Ketua PBB Samosir, Roland Sitanggang. 

PBB Samosir bertekad penanaman ini tidak berhenti dan terus melakukan perawatan. 

"PBB Samosir melalui PBB Kecamatan Sianjurmula bertekad untuk terus melakukan perawatan disana," tegas Roland Sitanggang. 

Sebelumnya, DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) bersama dengan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom juga melakukan penaburan 100.000 ekor benih Ikan Nila dan Mujahir di Dermaga Aek Rangat, Kelurahan Siogung-ogung, Pangururan, Jumat (16/9/2022). 

Setelah penaburan benih ikan, aksi KMDT ini akan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di kawasan Sigulatti tepatnya dikawasan lahan yang terkena dampak karhutla beberapa waktu lalu.

"Aksi penanaman bibit pohon pascakebakaran hutan dan tabur bibit ikan di Danau Toba adalah dalam menyukseskan program prioritas pemerintah di Sektor Pariwisata dalam Percepatan Wisata Danau Toba bermartabat dan mendunia, sekaligus aksi penyelamatan ekosistem Danau Toba" ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT St. Edison Manurung.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyambut baik dan mengapresiasi niat mulia KMDT yang terus memikirkan penghijauan kembali hutan di Samosir pasca Karhutla dan penyebaran benih ikan di Danau Toba dalam rangka penyelamatan ekosistem Danau Toba.

"Ini merupakan niat mulia dari KMDT, semoga kegiatan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi Samosir terkhusus masyarakat nya," ujar Bupati Vandiko Gultom. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Guru Besar Universitas Indonesia yang juga Dewan Pakar KMDT Prof. Edi Slamet, Sekjen KMDT Prof. Sihol Situngkir, mewakili Kapolda Sumut Kombes Pol. Oka Putra, Ketua KMDT Sumut Prof. Binari Manurung, jajaran pengurus KMDT dan FOKKSA (Forum Komunikasi Keluarga Asal Samosir), Wakapolres Samosir, Kadis Ketapang dan Pertanian, Camat Pangururan.

(Gb-ferndt01)

Loading...