PLN UIKSBU Goes To School, 'Kenali Bahaya Listrik Demi Mewujudkan Masyarakat Berbudaya K3' -->

VIDEO

PLN UIKSBU Goes To School, 'Kenali Bahaya Listrik Demi Mewujudkan Masyarakat Berbudaya K3'

Selasa, 23 Agustus 2022

 


Para pemateri PLN UIKSBU Goes To School bersama siswa SMKN 3 peserta kegiatan/foto : ist


GREENBERITA.com-Medan
|| Pejabat Pengendali K3L PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU), Syahminan Siregar, selaku pemateri kegiatan PLN Goes To School dengan materi “Kenali Bahaya Listrik, Demi Mewujudkan Masyarakat Berbudaya K3 yang digelar di SMKN N 3 Medan di Jalan STM, Senin (22/8/2022).

"PLN UIKSBU mengenalkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sejak dini kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 3 Medan. Pengenalan tersebut merupakan sosialisasi PLN Goes to School. Jadi, intinya kita ingin mengenalkan sejak usia dini mengenai pengetahuan listrik khususnya listrik rumah tangga dan bahaya serta penanganannya seperti apa," ungkap  Syahminan Siregar.

Didampingi beberapa staf K3 PLN UIKSBU, Syahminan turut memberikan gambaran dan materi singkat kepada siswa-siswi dan para guru yang ikut serta. Selain itu, ia juga memaparkan bagaimana energi listrik dihasilkan dan bagaimana produksi serta distribusinya.

Ia juga memaparkan bagaimana jika terjadi pemadaman listrik hingga faktor apa saja yang mempengaruhi, dampaknya serta bagaimana prosesnya.

"Pengenalan K3 kepada siswa SMK diberikan agar lulusan SMK bisa lebih memahami arti pentingnya K3 dalam kerja, dan dapat diterapkan di lingkungan kerja, sekolah dan rumah," ujarnya.

Selain pengenalan K3, PLN Goes to School ini juga memberikan edukasi mengenai berbagai kinerja PLN bagaimana proses dan alur produksi listrik dari hulu hingga hilir atau pelanggan.

"Pengenalan sejak dini perlu agar memberikan pemahaman mengenai listrik. Jadi, salahsatu tujuannya, agar sejak dini sudah memahami. Jadi, seperti bagaimana alur produksinya," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Kepala Sekokah Evi Herawati Lubis, S.Pd berterimakasih kepada pihak PT PLN (Persero) UIKSBU yang sudah mempercayakan Siswa SMKN 3 Medan sebagai tempat sosialisasi K3 kelistrikan.

"Pada intinya sekolah mendukung kegiatan tersebut sebahai salah satu upaya mitigasi dan meminimalisir terjadinya dampak negatif dari penggunaan listrik yg tidak tepat sesuai aturan yg berlaku. Sekaligus menambah wawasan anak tentang materi K3 yg ternyata disemua aspek sudah harus diterapkan. Tidak hanya terbatas pada Lab Kimia. Harapanya kegiatan seperti ini dapat terus di galakkan demi tercapainya situasi nol kecelakaan akibat penggunaan arus listrik," tutupnya. (Aa)

Loading...