Notification

×

Iklan

Iklan

Tiba di Samosir, Perantau Sukses Asal USA Eben Nadeak Bertekad Bangun Bonapasogit

10 Jun 2022 | 20:34 WIB Last Updated 2022-06-10T13:34:38Z


SAMOSIR.
GREENBERITA.com- Seorang perantau asal Onanr Runggu tiba di Kabupaten Samosir setelah melakukan perjalanan panjang dari Amerika Serikat.


Setelah sukses di negeri Paman Sam, seorang Warga Negara (WN) Amerika Serikat berdarah Batak, Eben Nadeak berkeinginan membangun kampung halamannya dengan berinvestasi bisnis.


Tak hanya itu, anak ke tujuh dari delapan bersaudara ini pun bercita-cita hendak mendirikan sekolah pariwisata di Pulo Samosir Kabupaten Samosir


Hal itu dikatakan Eben saat tiba di Pelabuhan Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir bersama sang istri, Katherine LeeAnne Nadeak dan kedua putra mereka, Fransisco Nadeak dan Lorenzo Nadeak, Selasa (7/6/2022).


Disambut Tokoh Masyarakat Samosir Harry Bos Sidabutar dan Ketua ParoNauli Tumborina Sidabutar,, perantau sukses Eben didampingi ajudannya, Norman dan Sukraj Sing, menceritakan bahwa dirinya terpanggil untuk turut membangun kampung halamannya karena niatnya untuk membantu anak-anak Sumatera khususnya Sumatera Utara agar bisa bekerja di Amerika Serikat.


"Kedatangan saya ke sini, untuk mengunjungi Samosir dan melihat prospek bisnis untuk berinvestasi. Sementara untuk sekolah itu, agar bisa membantu orang-orang Sumatera agar bisa bekerja di Amerika," ucap pria kelahiran 7 Oktober 1976 ini.


Menurutnya, saat ini anak-anak Sumatera masih sedikit yang bekerja di Amerika Serikat. Hal itu yang mendorongnya untuk mencari dan mendidik anak-anak Sumatera yang berniat hendak merubah hidup merantau ke Amerika dan bekerja di dunia pariwisata.


"Sekolahnya cuma 1 tahun saja. Belajar secara online 6 bulan dan selebihnya praktek kerja. Praktek kerjanya nanti di salah satu hotel di Samosir yang akan kami tinjau ini. Setelah selesai praktek selanjutnya akan dikirim ke Amerika untuk dipekerjakan di beberapa hotel atau tempat restoran," tegasnya.


Pria yang memiliki motto ingin membantu hidup seseorang untuk berubah lebih baik ini, menyebut bahwa pekerja keras takkan menghianati hasil.


"Saya dahulu adalah seorang buruh kasar di Pasar Petisah Medan dan sempat ditolak visa saya ke USA, tapi saya tidak pernah menyerah, setelah 10 kali mencoba, akhirnya saya berhasil ke Amerika," ujar Eben Nadeak menceritakan kisah hidupnya.


Dia juga mendorong agar anak-anak muda khususnya di Sumatera Utara untuk berani hijrah ke Amerika karena bekerja di Amerika memiliki pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan di Indonesia.


"Disana (Amerika Serikat) itu freedom. Soal pendapatan saja, tukang cuci piring saja bergaji Rp 25 juta. Jadi sangat membantu perekonomian kita. Dan para karyawan saya yang saat ini tinggal disana, bergaji Rp 25 juta itu bersih. Tempat tinggal kita sediakan, makanan juga kita gratiskan," ucapnya.


Eben Nadeak mengaku merantau ke Amerika Serikat pada tahun 2000. Selanjutnya ia menikah dengan Katherine LeeAnne Nadeak pada tahun 2003 dan memiliki dua putra. Pada tahun 2006, dia kembali ke Indonesia untuk menjalankan adat pernikahan.


Setelah selesai menjalankan adat pernikahan secara Batak di Onan Runggu, ia akan kembali lagi ke Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, ia tinggal di Columbus, Georgia, USA. 


Disana, Eben memiliki restoran makanan khas Jepang bernama Samurai Japanese Cuisine & Sushi Bar. Ia mengelola restoran yang sangat diminati warga US itu bersama abang kandungnya, Sabam Nadeak.


Ia memulai karirnya sebagai pelayan di salah satu restoran di Amerika Serikat setelah memilih hijrah dari Jakarta pada tahun 2000 setelah tamat dari kuliah perhotelan.


Setelah itu, ia merasakan jatuh bangun dalam berkarir dan berbisnis. Namun dirinya tak patah arang dan menjatuhkan pilihan untuk membuka usaha sendiri.


"Waktu itu, saya sudah menikah dan bertanya kepada istri saya, bagaimana kalau kita membuka usaha saja. Dan istri saya setuju. Dan di hari pertama buka restoran itu, saya melihat seorang pastur sedang duduk dan memintanya untuk mendoakan usaha itu. Setelah itu, saya tidak menyangka begitu banyak sekali yang datang ke restoran saya itu padahal masih hari pertama dibuka. Biasanya saya mendapat 500 dolar, ini berbeda, beribu-ribu dolar keuntungan saya di hari pertama itu sampai saya ga bisa lagi menghitung uangnya. Setelah itu, besok-besoknya, kan restoran bukannya jam 10 pagi sampe 10 malam, nah saya datangnya jam 6 pagi. Saya sudah melap-lap meja dan  mempersiapkan. Itulah sangkin semangatnya," ucapnya menceritakan.


Eben pun mengaku ia telah berpindah warga negara dari WNI menjadi WN Amerika Serikat. Tepatnya pada tahun 2011. Namun meski telah berpindah warga negara, ia memiliki pendirian untuk tetap melestarikan budaya adat istiadat Batak yang mengalir di tubuhnya.


"Salah satunya ya ini, menceritakan dan memberitahu kepada kedua anak laki-laki saya kota dan negara asal saya. Agar anak-anak paham adat istiadat batak dan Indonesia. Dan anak-anak pun sangat antusias untuk ingin tahu," terangnya. 


Saksikan tayangan lengkapnya di YouTube GreenberitaTV Chanel berikut ini,


#ebennadeak

#nadeaksister 

#danautoba 

#samosir 

#usa