Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Apa Akpar Darmo dan Ratna Gultom Ajarin 40 Pengusaha Homestay di Samosir?

29 Jun 2022 | 19:44 WIB Last Updated 2022-06-29T12:44:13Z


SAMOSIR..GREENBERITA.com-
 Sebanyak 40 orang Pengelola Homestay yang ada di Kabupaten Samosir mengikuti praktik pelatihan pengelolaan manajemen Homestay yang dilaksanakan di Homestay Langat, Desa Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (29/6/2022). 


Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelatihan Pengelola Usaha Homestay yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir sejak tanggal 27 s/d 29 Juni 2022.


Selama 3 (tiga) hari, perwakilan pengelola usaha homestay ini dipandu narasumber yang terdiri dari Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung, Ratna Gultom (Pengelola Eco Village Silimalombu)dan Dinas Pariwisata Samosir.


Beberapa topik yang bekali dalam pelatihan ini diantaranya adalah tata kelola homestay, tata ruang dan interior homestay, manajemen homestay, pelayanan prima, teknik pemasaran homestay. Materi pelatihan pun diperkaya dengan kegiatan praktik menata ruang kamar dan memasarkan produk melalui platform daring.


Kepala Dinas Pariwisata Samosir melalui Kabid Usaha Pariwisata dan Kerjasama Jontiner Sinabutar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola usaha homestay agar lebih professional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. 


"Melalui pelatihan ini diharapkan agar para pengelola homestay yang ada di Kabupaten Samosir dapat mengaplikasikannya pada usaha homestaynya dan senantiasa terus meningkatkan daya saingnya, apalagi Kabupaten Samosir merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba" ujar Jontiner Sinabutar


“Oleh karena itu, para pengelola homestay harus tahu bagaimana cara menerima tamu, menata kamar dengan baik dan menjaga kebersihannya, mampu memberikan kesan yang baik bagi wisatawan, sehingga wisatawan merasa betah berlama-lama tinggal dan mau kembali lagi,” pungkasnya. 


(Gb-ferndt 01)