PT Astra Internasional Tbk Tanam 65.000 Pohon dan Pasang Solar Panel di Desa Hariara Pohan Samosir -->

VIDEO

PT Astra Internasional Tbk Tanam 65.000 Pohon dan Pasang Solar Panel di Desa Hariara Pohan Samosir

Greenberita.com
Senin, 30 Mei 2022


SAMOSIR.GREENBERITA.com - 
Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-65, PT Astra Internasional Tbk melakukan berbagai aksi di Kabupaten Samosir sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat Kawasan Danau. 


Salah satunya adalah melakukan pendampingan dan pelatihan masyarakat Desa Wisata di Huta Simarmata Hariara Pohan dan Desa Wisata Huta Tinggi. 


Masih dalam rangka ulang tahunnya, PT. Astra Internasional memasang 6 panel solar di Desa Hariara Pohan (Bukit Holbung) dan penanaman 65.000 bibit pohon seluas 125 ha di Kabupaten Samosir. 


PT. Astra juga memilih dan menetapkan 3 desa wisata sebagai desa sejahtera Astra dengan melakukan pembangunan fasilitas dan pemberdayaan masyarakat. 


Hal tersebut dibenarkan Chief Of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah mengatakan, sebanyak 65.000 pohon akan ditanam di seluruh Indonesia dan diantara nya 139.700 pohon akan ditanam di Kabupaten Samosir di Bukit Holbung, Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir (30/05/2022). 


"Adapun Pohon yang akan ditanam terdiri dari 17.820 tanaman kehutanan (Pinus, Cemara), 11.880 pohon buah  (Alpukat dan Nangka), 11.000 kopi, dan pemasangan Solar Panel dengan kapasitas 660 WP+2,4 KWH (baterai), berguna untuk penerangan malam hari dengan sistim charging station pada siang hari, " ujar Riza Deliansyah. 


Chief Of Corporate Affairs muda ini menambahkan, PT. Astra Internasional hadir untuk membangun negeri karena penanaman pohon merupakan salah satu bidang yang ditangani PT. Astra yaitu bidang lingkungan. 


"Ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan terhadap desa wisata yang menjadi binaan PT. Astra, mari bergerak bersama membangun desa, melalui desa wisata, " jelas Riza Deliansyah. 


Dalam penanaman pohon ini Kadis Kehutanan Provsu, dan KPH Dolok Sanggul sembari melakukan penanda tanganan MoU tentang penanaman pohon di Kabupaten Samosir yang ditandai menanaman pemukulan gondang Batak. 


Sebelumnya, Chief Of Corporate Affairs Astra dan Wakil Bupati Samosir mengunjungi objek wisata Sarkofagus Huta Simarmata (Desa Hariara Pohan) . Rombongan disambut ramah warga dengan tarian dan suguhan makanan tradisional tipa-tipa, sasagun. 


Riza Deliansyah dan Wabup Martua Sitanggang juga menyaksikan proses pembuatan tipa-tipa (makanan khas Huta Simarmata, terbuat dari padi) mulai dari proses penggongsengan hingga manduda (menumbuk), manege (menampi).


Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Samosir mengapresiasi PT. Astra Internasional dalam mendukung desa Wisata di Kabupaten Samosir.  




"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan terima kasih kepada PT. Astra yang telah menetapkan 3 desa wisata sebagai desa sejahtera Astra  sejak 2021. Melakukan pembinaan, pemberdayaan masyarakat, pengembangan SDM, pembangunan fasilitas desa wisata," ujar Martua Sitanggang. 


Menurut Wabup, penanaman pohon di Kabupaten Samosir sangat dibutuhkan untuk mengurangi emisi karbon yang ada di atmosfer dan mencegah terjadinya perubahan iklim. Untuk itu, Wabup mengajak seluruh lapisan masyarakat di Hariara Pohan  mendukung penanaman pohon oleh PT. Astra, ikut serta menjaga dan memelihara.


Diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat. 


"Pemasangan solar panel memang sangat dibutuhkan di tempat wisata di Samosir" tambahnya.


Lebih lanjut dikatakan kegiatan penanaman pohon merupakan bentuk kecintaan, dan kepedulian terhadap bumi. Hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus memenuhi kebutuhan pangan, ketersediaan air, sebagai sumber energi, sebagai sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

 

"Pengrusakan hutan harus dihentikan untuk masa depan bumi kita, untuk masa depan generasi muda, karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang, melainkan sesuatu yang kita pinjam milik generasi yang akan datang" pesan Wabup.


(Gb-ferndt02/rel)

Loading...