Tuai Kritik Undang Bupati dan Kapolres Samosir pada Pemberdayaan Sintua, Ini Keterangan HKBP -->

VIDEO

Tuai Kritik Undang Bupati dan Kapolres Samosir pada Pemberdayaan Sintua, Ini Keterangan HKBP

Greenberita.com
Senin, 04 April 2022

Keterangan: Surat Undangan Pemberdayaan Sintua HKBP Distrik VII Samosir

SAMOSIR.GREENBERITA. com - 
Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik VII Samosir akan melakukan kegiatan Pemberdayaan Sintua HKBP seluruh resort di Samosir pada Jumat, (8/4/2022) mendatang. 


Kegiatan ini dikritisi oleh banyak pihak karena mengundang Bupati Samosir dan Kapolres Samosir sebagai salah satu pembicara. 


"Langkah Preases HKBP Distrik VII sudah tidak masuk akal dengan mengundang Bupati dan Kapolres Samosir," ujar Ketua FKTM Samosir Obin Naibaho ketika dikonfirmasi Greenberita melalui selulernya pada Senin, (4/3/2022). 


Menurut Obin Naibaho, telah terjadi ketidak sinkronan HKBP melakukan kegiatan Pemberdayaan Sintua dengan mengundang Bupati Samosir dan Kapolres Samosir. 


"Itu sudah beda dan tidak pas, harusnya yang di undang sebagai narasumber adalah dari keagamaan lah, kecuali penyuluhan hukum ya sah-sah saja," tegas Obin Naibaho. 


Obin menyatakan tindakan Preases HKBP Samosir sudah terlalu dalam dan cenderung telah berpolitik praktis. 


"Terlampau dalam itu, Preases kita ini sudah ke ranah politik, menurut saya sudah berpolitik praktis, mohonlah secara pribadi saya minta tidak dilanjutkan," ujar Obin Naibaho. 


Bahkan dalam salah satu komentar Obin Naibaho pada grup WA EverLasting Samosir mengeluarkan komentar keras. 


"Adohot Pareses Marpolitik di Hotel Pantas, Usirrr Hita Si Gultomon (Sudah ikut Pareses Berpolitik di Hotel Pantas, Usir Kita Si Gultom ini, red)," tegas Obin Naibaho. 


Ketika hal ini dikonfirmasi, Preases HKBP Distrik VII Samosir Pdt Rein Justin Gultom, MTh menyatakan penjelasan yang berbeda. 


"Sebenarnya adalah HKBP tahun 2022 ini adalah tahun kesehatian, jadi HKBP sedang membangun kesehatian dengan seluruh stakeholder termasuk Bupati dan Kapolres Samosir," ujar Pdt Rein Justin Gultom. 


Menurutnya, tanggal 8 April 2022 memang sudah di agendakan oleh HKBP Distrik VII Samosir tentang Pelaksanaan Pemberdayaan Sintua dengan tema Peranan Parhalado Dalam Kesehatian Ditengah Konteks Pariwisata, sehingga para sintua kedepannya dapat menjadi ujung tombak membangun kesehatian ditengah masyarakat dan para stakeholder. 


"Kenapa harus ikut Bupati Samosir, karena Bupati harus memikirkan dan menjelaskan apa yang harus dikerjakan oleh gereja tentang misi ditengah konteks pariwisata yang merupakan tanggungjawab Bupati kepada rakyat nya dan gereja," ujar Pdt Rein Justin Gultom. 


"Dan kenapa Kapolres Samosir diundang, karena Kapolres berkepentingan agar parhalado berperan dalam mensosialisasikan pentingnya Vaksinasi Booster Covid-19 ini," tambahnya. 


Pdt Rein Justin Gultom menjamin tidak ada rencana gereja khusus nya HKBP Distrik VII Samosir berpolitik praktis. 


"Tidak ada pemikiran sedikitpun tentang kami berpolitik praktis, kami (HKBP, red) sedang membangun dengan semua stakeholder di tahun kesehatian ini," jelas mantan pendeta resor Ambarita di Samosir ini. 


"Kenapa harus di Hotel Vantas, karena rencananya jumlah peserta yaitu 10 orang sintua setiap resor yang jumlahnya sekitar 230 orang sintua, sedangkan di Aula HKBP Distrik VII tidak memungkinkan karena daya tampung hanya untuk 50 orang, sedangkan bila di ruang pertemuan pinggir pantai Hotel Vantas itu dapat memenuhi dengan tetap mematuhi proses Covid-19" jelas Pdt Rein Justin Gultom. 


Usai kegiatan Pemberdayaan Sintua pada 8 April 2022, HKBP Distrik VII Samosir juga akan melaksanakan kegiatan Pesta Pengumpulan Dana Pensiun dan Guest House HKBP Bersama Pemerintah dan stake holder yang menghadirkan Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar pada 9 April 2022 di Hotel Vantas, Sialanguan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. 


(Gb-ferndt 01)

Loading...