Bunga Desa di Parhorasan, Bupati Samosir Tinjau Rumah Tenun Ulos Lansia -->

VIDEO

Bunga Desa di Parhorasan, Bupati Samosir Tinjau Rumah Tenun Ulos Lansia

Greenberita.com
Senin, 25 April 2022

Bupati Samosir Vandiko Gultom Kunjungi Rumah  Tenun Ulos dan Penganyam Lansia di Huta Tamba Desa Parhorasan, Kecamatan Pangururan, (25/4/2022).

SAMOSIR, GREENBERITA.com -
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom kembali melakukan program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), di Desa Parhorasan, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara pada Senin, (25/4/2022). 


Melalui jalan yang belum baik, Bupati Samosir Vandiko Gultom disambut ratusan warga Parhorasan dengan antusias dari mulai sekedar menyalam sampai keinginan untuk menyampaikan aspirasinya. 


Setiba di Desa Parhorasan, Bupati Samosir Vandiko Gultom langsung mengunjungi UMKM rumah tenun masyarakat lanjut usia (Lansia) di Huta Lumban Tamba.


"UMKM Rumah Tenun Ulos Lansia ini sungguh luar biasa, ketika para kaum bapak dan ibu Lansia dengan segala keterbatasannya tapi tetap semangat berkarya memproduksi ulos yang merupakan bagian heritage kita orang Batak," ujar Vandiko Gultom.


Dirinya berjanji akan memberikan upaya untuk membantu pendanaan serta pemasaran kedepannya sehingga para lansia terus berkarya.


"Walaupun rumah tenun ulos ini belum ada nama, tapi melihat semangat para warga terutama kaum lansia, saya bangga dan berjanji mendukung pemasaran dan bantuan lainnya sesuai dengan mekanisme yang berlaku," jelas Vandiko Gultom.


Rumah Sentra Tenun Ulos Lansia di Huta Tamba Desa Parhorasan telah berdiri enam bulan yang dilakukan baik melalui sistem tenun tradisional dan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) serta juga menjadi tempat memganyam tikar, gajut (tempat demban sirih dan lainnya).


"Kami penganyam dan penenun berharap dibantu untuk bahan karena sudah langka, sering kami beli dari Kabanjahe tapi sering kosong," ujar salah satu penenun sekaligus tetua masyarakat desa, Reli Simarmata.


Perhatian dari pemerintah kepada para lansia dengan usaha menganyam dan menenun sberupa rumah memganyam dan menenun dapat disediakan Pemkab Samosir.


"Selain dari tempat berupa rumah bertemu serta memganyam dan tenun, kami berharap ada pendampingan dan pelatihan bagi kami," tambah Reli Simarmata.


Bahkan Pada pertemuan dengan Kepala Desa dan perangkat Desa Parhorasan serta ratusan masyarakat, Bupati Samosir juga menyampaikan tekadnya untuk menunaikan aspirasi dari rakyat Samosir. 


"Kami membuka ruang untuk mendengar seluruh aspirasi rakyat, karena itu adalah amanah bagi kami untuk terus melakukan segala upaya guna mensejahterakan rakyat Samosir," ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom. 


Bupati Samosir juga menyampaikan tujuan dari kegiatan Bunga Desa untuk mendengar aspirasi desa dengan melakukan pemangkasan birokrasi sehingga dapat langsung di eksekusi pemerintah. 


Bupati Samosir Berbincang Bersama Pelaku Tenun ATPM di Desa Parhorasan

"Bunga Desa merupakan konsep untuk mendekatkan saya sebagai Bupati Samosir kepada rakyat saya untuk memangkas birokrasi dari aspirasi sembari menjalin silaturahmi dengan warga," Ujar Vandiko Gultom. 


"Sehingga kita mampu memberikan pelayanan cepat karena difasilitasi dengan pendampingan pelayanan langsung dari para SKPD terkait," jelas Vandiko. 


Dalam kegiatan Bunga Desa ini dilaksanakan tidak terfokus di satu tempat tetapi menyebar di beberapa tempat untuk menghindari kerumunan massa. 


Adapun kegiatan Bunga Desa yang diikuti beberapa SKPD diharapkan dapat langsung menyentuh ke masyarakat seperti bidang Dinas PUPR terutama dalam peningkatan infrastruktur


"PUPR segera mempersiapkan alat berat dan peralatan lainnya untuk membuka jalan baru untuk meningkatkan aksesibilitas rakyat khususnya petani dan hasil pertanian nya, " Jelas Vandiko Gultom. 


Alat berat juga akan dipergunakan untuk pertanian, pariwisata dan kebutuhan lainnya. 


Pada bidang kesehatan, pelayanan untuk pengobatan, vaksinasi dan konsultasi kesehatan menjadi perhatian Bupati Samosir. 


"Terutama penanganan persoalan Stunting pada anak, dan Desa Parhorasan mempunyai kasus stunting, " jelas Vandiko Gultom. 


Persolan Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kependudukan dan Capil serta bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa dan bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan menjadi sorotan Bupati Samosir dalam program Bunga Desa ini. 


Turut mendampingi Bupati Samosir yaitu Pj Sekda Samosir Hotraja Sitanggang, Kadis Naker Koperindag Rista Sitanggang, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jonson Gultom, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Agus Karo-karo, Plt Kadis Ketapang dan Pertanian Dr Tiur Gultom, Plt Kadis Kesehatan Dr Dina Hutapea, Kadis Dukcapil serta unsur SKPD lainnya. 


(Gb-ferndt01)

Loading...