Sepeda Santai IWO, Bupati Sergai: Sekaligus Bisa Tanam Mangrove di Pantai Merdeka -->

VIDEO

Sepeda Santai IWO, Bupati Sergai: Sekaligus Bisa Tanam Mangrove di Pantai Merdeka

Greenberita.com
Jumat, 14 Januari 2022


SERGAI, GREENBERITA.com -
Masyarakat Desa Sentang, Desa Bogak Besar, Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu hingga Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai menyapa Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua TP. PKK Sergai Hj.Rosmaidah Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Hj. Aini Zetara Siregar Adlin Umar Yusri Tambunan, yang sedang melewati jalan sepanjang lebih kurang 12 KM dengan Sepeda, Kamis (13/1/2022) sekira pukul 07.30 WIB.


Bupati Sergai H.Darma Wijaya dengan menaiki Sepeda Ontel  memakai baju kaos olahraga, kacamata hitam dan topi terbalik  turut didampingi rombongan diantaranya Ketua PKB Sergai yang juga Tokoh masyarakat Sergai Safaruddin akrab disapa Udin Sirip, Kepala BPN/ATR Sergai Joko Sutari SH, Ketua IWO (Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumut Yudhistra Adinugraha, Ketua KONI Sergai Aspul A Lubis, Kadis Parbudpora Sergai Drs. Zulfikar, Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga SE,M.AP, Kadis Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, Kadis Perkim Sergai Sofyan Suri SPd,M.Si, Kadis LingkunganSergai Hefi Novria SH, Kadis Perpustakaan dan Arsip Sergai Elinda Sitianur SE, Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, Direktur RSU Sultan Sulaiman dr. Ahmad Idris Daulay,  Ketua IWO Sergai Zuhari, Sekretaris Bapenda Sergai Achyar, Camat Tanjung Beringin Elmiati S.AP dan komunitas Sepeda Santai, membalas sapaan masyarakat dengan suara dan juga lambaian tangan sembari mengayuh sepeda. 


Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan hari ini bukan sekedar Sepeda Santai, bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga merupakan kesempatan untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di pesisir Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala.


Bupati mengaku melihat langsung bagaimana kondisi pesisir Pantai Merdeka yang sudah mengalami abrasi sehingga diperlukan tindakan penanganan sekaligus preventif agar tidak semakin meluas.


“Hari ini, kita juga laksanakan penanaman Pohon Mangrove sebagai salah satu solusi yang bisa diambil untuk mengatasi kondisi abrasi. Terima kasih saya ucapkan kepada komunitas pecinta alam dan komunitas sepeda yang ikut terlibat pada kegiatan hari ini,” ucap Bupati Samosir.


Selain persoalan penanganan abrasi, kata Bupati, pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Sergai yang sudah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan.


“Kegiatan kita pada hari ini bisa berjalan, salah satunya karena capaian vaksinasi sudah melebihi angka minimal. Capaian vaksinasi di Kabupaten Sergai sendiri sudah ada di angka 80 persen. Dengan sinergi dan kerja sama, semoga capaian ini bisa tuntas hingga 100 persen dalam waktu sesegera mungkin,” ucap Darma Wijaya.


Kemudian Bupati dengan nada ceria menyampaikan apresiasi kepada Ikatan Wartawan Online (IWO) Sergai yang juga ikut bersepeda santai bersama dengannya. Ia mengatakan, vaksinasi di Sergai bisa berjalan sukses salah satunya berkat kerja jurnalistik para wartawan IWO yang aktif melakukan publikasi dukungan positif terhadap program vaksinasi di Kabupaten Sergai.


Kegiatan positif yang dilaksanakan IWO ini bisa menjadi contoh bagi organisasi lain atau para insan jurnalis yang ada di Sergai untuk ikut serta mendukung program percepatan penanganan pandemi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Tak hanya kawan- kawan jurnalis, namun semua pihak juga harus ikut serta mensosialisasikan dan menyukseskan vaksinasi karena ini dilandasi kepentingan yang besar yaitu kepentingan bersama,” ucap Bupati


Bupati Sergai bersama rombongan berhasil sampai ke finish dalam waktu lebih kurang 1 jam setengah melewatinya.


Ketua IWO Sergai Zuhari yang juga Ketua Panitia kegiatan usai acara menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia dan Pemkab Sergai, dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Tanjung Beringin bersama 8 kepala desa dan Polsek Tanjung Beringin, yang telah bekerja keras mensukseskan kegiatan Sosial dan Olahraga berupa Sepeda Santai, Vaksinasi dosis II 250 orang, Penanaman 1000 Pohon Mangrove dan Santuni 50 anak yatim.  


 "Kegiatan yang diselenggarakan oleh IWO Sergai dengan gabungan organisasi Front Komunitas Indonesia Indonesia Satu (FKI-1) Sergai, Persatuan Mahasiswa Indonesia Sergai, Law Office IIR dan Pemerintahan Desa Bagan Kuala, tidak akan bisa terlaksana dengan lancar, aman, tertib dan sukses tanpa adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat lainnya," ucapnya.


Ia mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mensyukuri usia Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sudah 18 tahun, dan ingin menyelamatkan Objek Wisata Pantai Merdeka dan Desa Bagan Kuala dari abrasi. 


Selain itu, Sebut Zuhari, ia ingin menggungah seluruh masyarakat ikut serta melestarikan kawasan pantai dan melindungi dari ancaman abrasi.


Diharapkan ke depan semakin  bertambah orang-orang yang peduli terhadap kelestarian pantai di Sergai. Apalagi, ini merupakan salah satu objek wisata yang berpotensi menyumbangkan PAD ) Pendapatan Asli Daerah) bagi Kabupaten Sergai.


Selanjutnya, ia berharap masyarakat cinta terhadap lingkungan, olahraga dan muncul kesadaran untuk datang dengan sendiri ke tempat vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah, Polri, TNI dan juga berbagai elemen masyarakat tanpa mengharapkan sembako maupun iming-iming, karena vaksinasi ini untuk kesehatan masyarakat itu sendiri dan sudah menjadi tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah.


"Kita berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang komit untuk terus membangun infstruktur lebih baik lagi di semua desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat." Imbuh Zuhari.

 

Kegiatan positif yang dilaksanakan IWO ini bisa menjadi contoh bagi organisasi lain atau para insan jurnalis yang ada di Sergai untuk ikut serta mendukung program percepatan penanganan pandemi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Tak hanya kawan- kawan jurnalis, namun semua pihak juga harus ikut serta mensosialisasikan dan menyukseskan vaksinasi karena ini dilandasi kepentingan yang besar yaitu kepentingan bersama,”ucap Bupati


Sebelumnya Kepala Desa Bagan Kuala Safril menuturkan Desa Bagan Kuala ada semboyan “Kampung Kito” dengan tujuan agar seluruh masyarakat yang berkunjung ke desa ini dapat memelihara dan menjaga seperti menjaga kampungnya sendiri,” ucapnya sembari mengucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati Sergai, Kapolres Sergai dan rombongan yang berkenan hadir.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Asisten II Drs. Nasrul Azis Sirefar,Asisten III Ir. Kaharuddin, Kadis Kominfo Sergai Drs. Akmal M.Si, Kadis Perindagsar Sergai Arianto S.Pd,M.Si, Ketua FKI Sergai M. Nur Bawean, Tokoh masyarakat Sergai H. Bahrum Abbas, Pengacara Ismet Lubis SH,MSP,CPCLE, Pengusaha Sergai Ayen, Kapolsek Tanjung Beringin AKP. Tobat Sihombing, Camat Teluk Mengukudu, Kapus Tanjung Beringin, Kapus Teluk Mengkudu, Pengurus PKK Sergai, pengurus IWO Sumut, Pengurus IWO Sergai,Wartawan Unit DPRD Kota Medan, para Kades. 


(Gb-ferndt01)

Loading...