Bersama Petani, Bupati Vandiko Gultom Panen Bawang di Onan Runggu -->

VIDEO

Bersama Petani, Bupati Vandiko Gultom Panen Bawang di Onan Runggu

ARS
Selasa, 02 November 2021

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan panen bawang merah di Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu, Selasa (2/11/2021)

SAMOSIR, GREENBERITA.com|| 
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan panen bawang merah bersama masyarakat pada Selasa, 2 November 2021 di Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.


Dalam panen bawang merah ini, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bertekad menjadikan Onan Runggu sebagai salah satu kecamatan penangkaran bibit bawang merah.


"Puji Tuhan, bibit bawang yang saya berikan bulan Agustus lalu kepada Kelompok Tani Siriaon telah panen hari ini, semoga kedepannya kecamatan ini menjadi salah satu tempat penangkaran bibit bawang di Samosir," tegas Vandiko Gultom.


Pengembangan tanaman bawang merah ini dilakukan Pemkab Samosir untuk 7 kelompok tani dengan total bantuan bibit bawang merah yang salah satunya Kelompok Tani Siriaon Desa Pardomuan yang pada bulan Agustus lalu mendapatkan bantuan bibit bawang merah label biru sebanyak 474 kilogram, pupuk NPK Mutiara sebanyak 125 kilogram dan pupuk organik 18 zak atau 900 kilogram.


"Hasil yang dipanen hari ini dengan luas sekitar satu hektar didapatkan 25 ton bawang merah basah dan 12 ton bawang kering," jelas Vandiko Gultom.

Ketua Kelompok Tani Siriaon Kardo Gultom menyampaikan apresiasi terhadap Bupati Samosir atas dukungannya terhadap Petani

Terpisah, Plt Kadis Pertanian Samosir Jhunelis Sinaga mengatakan bahwa sebelumnya ada 4 kelompok tani telah melakukan panen bawang merah.


"Kelompok Tani Indah Desa dan Kelompok Tani Satolop Desa Tamba Dolok Kecamatan Sitiotio dengan produktivitas 12 ton per hektar dan 15 ton per hektar, Kelompok Lomak Tani  Desa Gorat Pallombuan Kecamatan Palipi dengan produktivitas 9 ton per hektar serta Kelompok Tani Mandiri Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo dengan produktivitas 8 ton perhari," jelas Jhunelis Sinaga.


Anggota DPRD Samosir Drg Magdalena Sitinjak tetap mendorong para petani untuk terus berproduktivitas.


"Saya dengan usulan petani akan terus kita dorong terutama dalam pengadaan alsintan dan perbaikan jalan ketempat pertanian sehingga harga komoditi menjadi lebih baik," jelas Magdalena Sitinjak.


Sementara itu Ketua Kelompok Tani Siriaon, Kardo Gultom mengapresiasi kehadiran Bupati Samosir Vandiko Gultom melakukan penen bersama dengan petani.


"Terimakasih atas kehadiran Bupati Samosir yang melakukan panen bawang dan sosialisasi kepada kami petani bawang merah, semoga sinergitas ini dapat terus terjalin dengan kelompok tani," ujar Kardo Gultom.


Dalam kesempatan tersebut, Kardo Gultom mengkritisasi masih kurangnya sinergitas antara petani, penyuluh dan Pemkab Samosir.


"Hal itu lumrah tapi harus diperbaiki kedepannya agar petani lebih baik dalam pola penanaman dengan kehadiran penyuluh yang lebih rutin," ujarnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kominfo Rohani Bakara, Camat Onan Runggu Junita Sinaga dan pemerintah desa Pardomuan serta warga.



(GB-ferndt01)

Loading...