Soal Staf Khusus, Bupati Samosir: Untuk Pastikan Misi Perubahan Terimplementasi -->

VIDEO

Soal Staf Khusus, Bupati Samosir: Untuk Pastikan Misi Perubahan Terimplementasi

Radio samoir Green
Kamis, 24 Juni 2021

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom

SAMOSIR, GREENBERITA.com
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom segera mengeluarkan kebijakan untuk membentuk staf khusus pada pemerintahan yang dipimpinnya.

Hal ini dibenarkan oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ketika berbincang dengan Greenberita pada Kamis, 24 Juni 2021.

"Benar, kita membentuk lembaga yang kita namakan Staf Khusus Bupati dan Wakil Bupati Samosir," ujar Vandiko Gultom membenarkan.

Kedepannya lembaga ini untuk menjamin dan memfasilitasi organisasi perangkat daerah (OPD)  dan melakukan koordinasi untuk seluruh tujuan pada program pro perubahan yang merupakan visi dan misi Vantas pada pilkada yang lalu.

Rencana reorganisasi kedepannya, di perlukan staf khusus mendorong terlaksananya programm perubahan dalam 100 hari, 
6 bulan dan 1 tahun.

"Mereka akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pro perubahan dalam 100 hari, 6 bulan dan 1 tahun," jelas Vandiko Timotius Gultom.

Tambah Vandiko, Staf Khusus akan memberikan masukan kepadanya terkait ekonomi, pemerintahan, infrastruktur, budaya dan advokasi serta melakukan koordinasi tugas Bupati Samosir pada level kadis, asisten dan staf ahli.

"Apalagi sebentar lagi kita akan melakukan re-organisasi pada OPD dan staf khusus juga akan melakukan koordinasi dengan pansel," jelas Bupati termuda di Indonesia ini.

Terkait dasar hukum pembentukan lembaga ini adalah UU nomor 12 tahun 2011 dan UU nomor 23 tahun 2014 serta PP nomor 59 tahun 2015 dan Permendagri nomor 80 tahun 2015.

"Jadi kepada sahabat yang melakukan kritik,  mohon jangan curiga dulu karena lembaga ini sudah pernah ada di daerah dan terbukti efektif seperti SK Bupati Kepulauan Sangihe di Sulawesi Utara," terang Vandiko Gultom.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga Ketua FKTM Obin Naibaho meminta seluruh pihak warga Samosir maupun tokoh perantau untuk tetap berpikir positif dan mendukung kebijakan pemerintahan saat ini.

"Lazimnya efektivitas sebuah kebijakan pemerintahan terlihat minimal setelah berjalan satu tahun atau lebih, jadi marilah kita biarkan Bupati Samosir kita mengambil kebijakan yang diyakininya baik dan benar untuk rakyatnya," ujar Obin Naibaho.

Ditambahkannya, Bupati Samosir jauh lebih berkepentingan atas kemajuan Samosir dan rakyat pasti mendukung hal yang baik yang dilakukan Bupati Samosir.

"Sekali lagi, mari kita berpikir positif dan hindari berburuk sangka serta bersama mendukung pemerintahan yang sah menurut undang-undang ini," pungkas Obin Naibaho.

Loading...