Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Tektonik M6,4 Guncang Nias, Tidak Berpotensi Tsunami

20 Apr 2021 | 10:29 WIB Last Updated 2021-04-20T03:29:47Z

Gempa tektonik mengguncang Nias, Sumatera Utara pada Selasa, 20 April 2021.Kejadian dan parameter Gempa bumi terjadi pada pukul 06.58.22 WIB di wilayah Barat Daya Nias. 

GREENBERITA.com
- Gempa tektonik mengguncang Nias, Sumatera Utara pada Selasa, 20 April 2021.Kejadian dan parameter Gempa bumi terjadi pada pukul 06.58.22 WIB di wilayah Barat Daya Nias. 


Hasil analisis BMKG dalam informasi  pendahulu menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo  M=6,4 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=6,1 dan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,17 LU dan 96,48 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 km arah Barat Daya Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 16 km. 


Adapun jenis dan mekanisme gempa memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia ( outer rise ). 


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun ( normal fault ).


Akibatnya terjadi guncangan yang dirasakan Nias Barat II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), AekGodang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat, Aceh Singkil II MMI, Gunung Sitoli I-II MMI .


Tampak getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 


Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.


BMKG mekomendasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 


Pemerintah juga menghimbau warga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, sembari memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

(gb-rizal/rel)