Notification

×

Iklan

Iklan

Gandeng Bank Sumut, Bapenda Samosir Lounching Sistem Elektronik Sewa Tanah

2 Apr 2021 | 00:21 WIB Last Updated 2021-04-01T17:21:41Z

Badan Pendapatan (Bapenda) Kabupaten Samosir  melakukan pertemuan dengan pelaku usaha di Samosir.

GREENBERITA.com
- Bertempat di Cafe Sarindan Pangururan, Badan Pendapatan (Bapenda) Kabupaten Samosir  melakukan pertemuan dengan pelaku usaha di Samosir.


Menggandeng Bank Sumut, pertemuan ini sekaligus launching  system elektronik sewa tanah di Kabupaten Samosir.


Tujuan system ini guna mendukung perkembangan Samosir menuju kemajuan Samosir sehingga mempermudah para pengusaha dan pelaku usaha dalam melakukan penyewaan tanah pemerintah daerah yang mereka gunakan untuk berusaha.


Launcing ini sekaligus mensosialisasikan website dan cara menggunakannya melalui gadget para pelaku usaha dengan simulasinya yang praktekkan langsung dengan para pelaku usaha.


Acara ini sengaja diadakan di luar kantor Bapenda dan Bank Sumut untuk mengurangi interaksi langsung antara penguna dan pemberi hak, guna mematuhi prosedur kesehatan dalam masa pandemi dengan membatasi jumlah yang hadir.


Acara diawali sambutan PLH bupati Samosir yang diwakili Kepala Bapenda Samosir, Hotraja Sitanggang.


Pada sesi pemaparan yang di akukan oleh Marojahan Situmorang dari Bapenda Samosir.


"Pemamaran ini menunjukkan bagai mana para pelaku usaha kedepannya dapat mengakses sampai melakukan transaksi dimana uang transaksi akan langsung masuk ke Bank Sumut, sehingga minimalisasi pertemuan antara petugas Bapenda dan pelaku usaha," ujar Hotraja Sitanggang.


Menurutnya, aplikasi ini juga dapat menghalangi terjadinya kecurangan dalam proses sewa-menyewa tanah.


"Juga kami mendapatkan data base serta menyimpan bukti dan transaksi secara elektronik," terang Marojahan.


Bank Sumut sendiri sebagai wadah penerima setoran tersebut telah melengkapi teamnya di 9 kecdamatan di Kabupaten Samosir sehingga rakyat dapat lebih sangat dimudahkan dalam proses penyewaan tanah ini.


"Bahkan Bank Sumut melengkapi dengan unit mobil untuk transaksi," ujar Jannus Siagian Pimpinan Bank Sumut Samosir


Senada, Kepala Bapenda Samosir juga telah menyiapkan prasarana yang mereka lengkapi baik human resoursesnya maupun infrastruktur dan teknologinya. 


"Bapenda juga menyiapkan unut mobil untuk melakukan transaksi tunai bagi pengguna usaha, ujar Kepala Bapenda Samosir Hotraja Sitanggang.


Terpisah, para pengguna usaha menyambut gembira aplikasi elektronik karena dengan system ini mereka jadi sangat terbantu baik dalam mengimput maupun menyimpan data serta bukti transaksi dapat tercatat secara elektronik.




Acara dilanjutkan pengerjaan langsung aplikasi dari pihak penguna usaha.


"Hal ini akan rutin di sosialisasikan kepada para pelaku usaha di Samosir," ujar Hotraja Sitanggang.

(gb-rizal/rel)