Bersama APDESI, Ober Gultom Berikan Motivasi Kepada Kades di Samosir -->

VIDEO

Bersama APDESI, Ober Gultom Berikan Motivasi Kepada Kades di Samosir

Radio samoir Green
Jumat, 23 April 2021

Tokoh Konstruksi Pemerhati Samosir Ober Gultom, ST, MT
GREENBERITA.com - Tokoh Konstruksi Pemerhati Samosir Ober Gultom, ST, MT berbagi motivasi dan solusi kepada puluhan kepala desa sebagai bentuk kepeduliannya kepada pembangunan desa di Kabupaten Samosir pada Kamis, 22 April 2021 di Hotel Vantas, Desa Sialanguan Pangururan, Samosir.


Ober Gultom yang menginisiasi pembangunan jalan lingkar Samosir dengan menaikkannya menjadi status jalan nasional ini juga merupakan penasehat tim transisi Bupati Samosir Terpilih Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang.


Berbagai pengalaman hidup ketika masih menjabat sebagai birokrat dibagikan Ober Gultom dengan puluhan kepala desa. 


Putra Desa Sitamiang Lagundi, Kecamatan Onan Runggu yang merupakan perantau asal Samosir yang berhasil, menceritakan pengalamannya saat menjabat dari mulai Kepala Dinas di Kabupaten sampai Kepala Dinas PU di Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua sampai menjadi Direktur serta Sekretaris Direktorat Jenderal Kementerian PUPR selama 30 tahunan. 


"Ketika Orde Baru dulu saat bekerja di Kalimantan dan Papua saya selalu Koordinasi dengan kepala desa. Berangkat dari hal itu, saya rindu berbagi pengalaman dengan para kepala desa yang ada di Samosir, sebab kades adalah ujung tombak pembangunan daerah," terang Ober Gultom.


Ia juga mengajak semua kepala desa mengeluarkan kreativitas majukan desa yang ada di Kabupaten Samosir menjadi desa wisata, karena sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) maka dukungan anggaran datang dari pusat. 


Selain itu, produk-produk lokal dari desa yang ada di Samosir diharapkan Ober bisa dikelola dan dibuat menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan dipasarkan lewat teknologi dan digitalisasi smartphone.


"Jadi, diskusi dengan para kepala desa saya pikir sangat berharga, banyak hal yang akan dilakukan di desa semisal membuka akses akses jalan dan memanfaatkan lahan lahan kosong di desa, apalagi jika ada kepala desa yang bisa membuat produk Samosir seperti mangga atau kopi menjadi wine, saya siap memberikan dukungan," tambah Ober.


Silaturahmi antara kepala desa dengan Ober Gultom dihadiri oleh Ketua APDESI Samosir, G. Situmorang dan Sekretaris APDESI, Raja Simarmata dan puluhan kepala desa.


Hadir juga Ketua tim transisi, Mangindar Simbolon dan Ketua tim pemenangan, Pahala Tua Simbolon dan di moderasi Fernando Sitanggang. 

(GB-fres11)

Loading...