Aksi Nyata, Polres Samosir Gotong Royong Bersihkan Semak Belukar di Dermaga Jetty -->

VIDEO

Aksi Nyata, Polres Samosir Gotong Royong Bersihkan Semak Belukar di Dermaga Jetty

Radio samoir Green
Jumat, 16 April 2021

Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon memimpin langsung kegiatan gotong royong kebersihan destinasi wisata Samosir 

GREENBERITA.com -
Keluhan warga disekitar Dermaga Jetty Pantai Indah Situngkir (PIS), Desa Situngkir, Pangururan atas kebersihan disekitar objek wisata yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi akhirnya terkabulkan.


Namun bukan Dinas Pariwisata yang melakukan pembersihan atas objek wisata yang dibangun dengan uang rakyat puluhan miliar ini, tapi justru oleh jajaran dari Polres Samosir.


Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon memimpin langsung kegiatan gotong royong kebersihan destinasi wisata Samosir bersama puluhan anggotanya serta masyarakat yang dipimpin Kepala Desa Situngkir Punguan Marangkup Situngkir.


"Ini merupakan salah satu perintah Bapak Kapolda Sumut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Samosir mendukung program Presiden melakukan pemulihan perekonomian," tegas AKBP Josua Tampubolon.


Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai bagian pemantauan dan pengawasan terhadap fasilitas pariwisata khususnya

Dermaga Jetty PIS yang mempunyai keindahan yang luar biasa meningkatkan perekonomian wisata Samosir.


"Kedepannya kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah supaya bersama memperbaiki fasilitas dan kebersihan ditempat ini sebagai salah satu KSPN," tambah Kapolres Samosir.


Sementara itu, Kepala Desa Situngkir Punguan Marangkup Situngkir menyambut baik kedatangan Kapolres Samosir dan anggotanya yang melakukan gotong royong kebersihan di lingkungan wisata.


"Terimakasih kepada Kapolres Samosir dan anggota yang telah memberikan waktu untuk kebersihan di objek wisata kami ini," tegas Punguan Marangkup Situngkir.


Kades Situngkir secara simbolis memberikan kerajinan dalam bentuk lukisan tangan diatas lempengan kayu karya binaan Kades Situngkir.


Pantauan wartawan, pada kegiatan gotong royong tersebut tidak tampak satupun staf Dinas Pariwisata yang diperintahkan oleh Kadis Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan.


Sebelumnya diberitakan, warga Desa Situngkir minta bupati terpilih, Vandiko Gultom untuk tidak mengangkat dan memilih pejabat Dinas Pariwisata yang selalu janji janji palsu.


"Pak Vandiko jangan pilih pejabat yang janji palsu, Dermaga Jetty di Pantai Indah Situngkir ini saja tidak terawat oleh pejabat Dinas Pariwisata, dan dibiarkan begitu saja padahal tempat ini sudah didatangi Presiden Jokowi pada tahun 2019 lalu," kata Narawati Situngkir saat ditemui di pantai Situngkir, pada Selasa 13 April 2021.


Meski diakuinya, beberapa kali Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan datang ke lokasi. Namun, pantai yang juga memiliki Dermaga wisata Jetty tidak kunjung dibenahi dan sepertinya tidak terurus.


Liputan Greenberita di lokasi Dermaga Jetty PIS yang dibangun dengan biaya miliaran rupiah dan berasal dari uang rakyat ini, terlihat pantai itu tidak terawat, rerumputan liar banyak tumbuh dan jalan penghubung berupa jembatan rusak. Ternak kerbau juga berkeliaran dan sangat tidak layak dikunjungi wisatawan. 


Parahnya lagi toilet wisata tidak terpakai, padahal bangunan toilet terlihat dibuat dari keramik. 


"Toilet tidak terpakai, air tidak ada, padahal itu semua terbuat dari keramik," tambah Narawati.


"Kami berharap pemerintah bisa kembali membuka pantai ini dengan membenahinya lebih baik, supaya para pengunjung kembali datang, sebab sangat disayangkan pantai ini sudah dibuka dan dermaga juga sudah dibangun, hingga bapak Presiden Jokowi datang, akan tetapi terkesan dibiarkan begitu saja," pungkasnya.


Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Dumoch Pandiangan saat dihubungi wartawan mengatakan, pihaknya akan berusaha memperbaiki pantai pasir putih di Situngkir dan terkait adanya mobil warga yang masuk ke lubang di lokasi pasir putih, pihaknya juga meminta maaf. 


"Itu memang pengelolaan Dinas Wisata dan memang belum ada penanganan disana, dan akan kita tangani," pungkas Dumosch Pandiangan. 

(GB-ferndt01)

Loading...