Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Minum Kopi Setelah Makan

22 Feb 2021 | 13:16 WIB Last Updated 2021-02-22T06:17:06Z

Minum kopi setelah makan 
GREENBERITA.com - Banyak di antara kita yang belum tahu waktu terbaik untuk minum kopi. Ternyata salah satu waktu terbaik minum kopi adalah setelah makan. Selain aroma kopi yang memberi efek rileks atau menenangkan, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan minum kopi setelah makan.

Why drink coffee after meals ? 


Minum kopi setelah makan bisa membantu proses pencernaan dan baik untuk pencernaan kita. Berikut beberapa manfaat mengenai minum kopi setelah makan, rilis penanews.net

1. Melancarkan Buang Air Besar

Buang air besar secara rutin sangat penting dan perlu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kopi punya manfaat positif untuk melancarkan pencernaan. Minum kopi setelah makan bisa bantu kita untuk bisa buang air besar lebih rutin. Pencernaan baik disertai proses pembuangan yang baik adalah dua kunci penting untuk usus yang sehat.

2. Bantu Menjaga Nafsu Makan

Kadang setelah makan besar, kita masih ingin ngemil atau menikmati camilan. Bila kebiasaan ngemil tak terkontrol, nantinya asupan kalori yang dikonsumsi bisa berlebihan dan membuat kita rentan mengalami kenaikan berat badan. Minum kopi setelah makan bisa bantu mengontrol nafsu makan. Bagi yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan, pilih kopi tanpa tambahan gula atau emanis. Secangkir kopi hitam memiliki dua kalori dan bebas lemak.

3. Mencegah Heartburn

Heartburn merupakan istilah yang mengacu pada kondisi munculnya sensasi perih dan panas seperti terbakar pada dada. Melansir Why You Should Never Drink Coffee on an Empty Stomach via insider.com, minum kopi saat perut kosong dapat merusak lapisan dinding perut dan menyebabkan sulit buang air besar dan heartburn. Pada sebagian orang, minum kopi saat perut kosong tak memberi efek negatif. Namun, Leslie Langevin, MS, RD, CD, seorang ahli gizi bersertifikasi merekomendasikan minum kopi setelah sarapan sehat atau setidaknya didampingi dengan makanan ringan agar perut tidak sakit.

Minum kopi secukupnya dan sewajarnya. Tak perlu sampai berlebihan. Sangat disarankan minum kopi setelah makan atau ketika perut tidak dalam keadaan kosong. Jika punya masalah lambung atau penyakit yang berkenaan dengan sistem pencernaan, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi kopi. 

(gb-rizal/rel)