Notification

×

Iklan

Iklan

Harimau Lepas di Singkawang, Menteri KLHK Akan Mengkaji Ulang Sinka Zoo

7 Feb 2021 | 23:11 WIB Last Updated 2021-02-07T16:11:48Z

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno.
GREENBERITA.com - KLHK bersama tim gabungan berhasil menangkap dua ekor harimau benggala, Tora dan Eka, yang keluar dari kandangnya di Lembaga Konservasi CV Sinka Island Park, di Kec. Singkawang Selatan, Kalimantan Barat. Dengan perhitungan yang baik , tim gabungan melakukan penanganan terpadu, baik bagi keselamatan masyarakat maupun kedua harimau, demikian juga upaya-upaya penyelamatan serta mencegah
hal-hal yang dapat merugikan .


"Oleh karena itu, warga di sekitar lokasi Sinka Zoo tidak perlu resah dan khawatir," ungkap Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno.(07/2)


Terkait hal ini, Wiratno mengucapkan terimakasih kepada kepolisian, TNI, Pemda, dan pihak terkait lainnya, serta masyarakat yang telah turut berpartisipasi membantu BKSDA Kalbar melakukan upaya penanganan terhadap dua harimau yang lepas.


Selanjutnya, Wiratno mengatakan sesuai arahan Ibu Menteri LHK, Ditjen KSDAE akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengelolaan Sinka Zoo. Langkah ini penting untuk melihat seluruh aspek pengelolaan pada lembaga konservasi tersebut, terutama jika terdapat unsur kelalaian pada kejadian tersebut.


"Apabila ada unsur kelalaian dalam pengelolaan lembaga konservasi, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," tegasnya. 

(gb-rizal/rel)