Pilkada Samosir, Warga Medsos Diminta Hindari Hoax -->

VIDEO

Pilkada Samosir, Warga Medsos Diminta Hindari Hoax

Green Berita
Rabu, 26 Agustus 2020

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Menjelang pendaftaran calon kepala daerah Samosir pada 04-06 September 2020, Polres Samosir telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang dianggap rawan konflik untuk mengantisipasi permasalahan.
Hal ini disampaikan Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh,ketika ditemui greenberita pada Rabu, 26 Agustus 2020 di Mapolres Samosir Pangururan, Kabupaten Samosir.
“Sejauh ini kita sudah memetakan lokasi-lokasi rawan konflik untuk mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan melakukan pendekatan kultural dan akan berlanjut terus kedepannya,” ujar Muhammad Saleh.
Saleh memaklumi bahwa sudah menjadi hal yang lumrah jika suhu memanas jelang pilkada namun tetap meyakini bahwa masyarakat Samosir adalah masyarakat cerdas dalam memilih dan menjunjung kekerabatan .
“Sudah menjadi hal yang lumrah terjadi suhu panas saat jelang pilkada, namun saya yakin kalau masyarakat Samosir sudah cerdas dan lebih mengedepankan sistem kekerabatan,” jelas Muhammad Saleh.
Saat disinggung terkait adanya adu pendapat terkait perbedaan pilihan yang memanas di sosial media, Kapolres Samosir ini menyampaikan pesan kepada masyarakat Samosir agar tidak gampang terpancing pendapat yang berpotensi menimbulkan perpecahan.
“Kepada warga medsos, tolong hindari berita-berita hoax dan juga jangan gampang terpancing argumen yang dapat menimbulkan perpecahan. Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan kepada kepala desa, ada bhabinkamtibmas, ada juga babinsa, langsung tanyakan saja” harap Kapolres Muhammad Saleh.
Kapolres Samosir juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang pihak-pihak dari tim sukses untuk membuat perjanjian damai setelah nantinya selesai mendaftar di KPU.
“Nanti kita juga akan undang seluruh tim sukses untuk perjanjian damai, setelah selesai mendaftar di KPU Samosir," tegas AKBP Muhammad Saleh.
Dan guna persiapan pengamanan kota dan kesiapan anggota, Polres Samosir juga akan melakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota pada Kamis, 27 Agustus 2020 di depan Polsek Pangururan.
"Kita juga akan melakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota dalam rangka kesiapan Polres Samosir menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir tahun 2020," pungkas Saleh.
Terpisah, Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir menyatakan kesiapan pihaknya menjelang pendaftaran Bupati Samosir pada tanggal 4 sampai 6 September 2020 nanti.
"Sebelumnya kita akan umumkan pendaftaran dari 28 Agustus sampai 3 September 2020, lalu pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 4 sampai 6 September mulai pukul 08 sampai 16 Wib dan pada tanggal 06 September sampai tanggal 00 Wib," ujar Ika Samosir.*** (gb-elim09)

Loading...