Gugus Tugas Konfirmasi Pasien Positif Covid-19 Pertama di Samosir -->

VIDEO

Gugus Tugas Konfirmasi Pasien Positif Covid-19 Pertama di Samosir

angga sagala
Selasa, 07 Juli 2020

SAMOSIR,GREENBERITA.com ||  Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Samosir secara resmi mengkonfirmasi pasien positif Covid-19 pertama di Samosir setelah mengakui adanya 1 (satu) orang pasien positif covid-19 berdasarkan hasil Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) l.


Adapun pasien tersebut adalah berinisial WNS, perempuan, usia 40 tahun. Hasil ini merupakan tes secara massal yang dilakukan oleh RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan-Samosir terhadap 402 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pilkada Samosir Tahun 2020.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Rohani Bakara ketika dikonfirmasi tagar pada Selasa, 07 Juli 2020.

"Benar dan saat ini WNS telah menjalani perawatan di RSU Tarutung. Dari hasil penelusuran kontak dari pihak berotoritas, WNS diinformasikan telah melakukan perjalanan ke Kota Medan pada tanggal 13 Juni 2020 dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujar Rohani Bakara.

Menurut Kadis Kominfo Samosir ini, dugaan sementara WNS terpapar setelah mengadakan perjalanan ke Kota Medan namun demikian GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir masih menunggu klarifikasi lanjutan secara resmi.

Sementara itu, 2 PPS yang berasal dari Kecamatan Simanindo dan sebelumnya dinyatakan positif pada rapid tes namun ternyata negatif pada dua kali tes PCR Swab di RSUD Tarutung dinyatakan negatif.

"Setelah dilakukan dua kali swaby, mereka dinyatakan negatif dan sudah diperbolehkan pulang," tambah Rohani Bakara.

Rohani Bakara menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada karena potensi penularan COVID-19 di di beberapa kabupaten/kota di wilayah provinsi Sumatera Utara masih tetap tinggi. Selain itu, juga dihimbau agar tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat ketika beraktivitas di luar rumah untuk menghindari Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menyebabkan transmisi lokal. 

"Juga dihimbau kepada masyarakat agar tidak menstigmatisasi positif covid-19 secara buruk karena WNS juga tidak menginginkan hal tersebut menimpanya melainkan mendoakan agar WNS dapat segera sembuh," tambahnya.

Gugus Tugas Covid-19 juga berjanji akan melakukan penelusuran kontak (contact tracing) lanjutan atas WNS yg positif dimaksud untuk menghentikan penyebarannya. 

Rohani Bakara juga menghimbau warga untuk menunda perjalanan ke luar Samosir jika tidak sangat urgen dengan tetap waspada serta disiplin melakukan protokol kesehatan secara ketat. 

"Mari lakukan pedoman tata normal baru yang dikeluarkan GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir melalui Surat Edaran Bupati Samosir Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease (COVID-19) Bidang Penyelenggaraan Kegiatan Pariwisata Lainnya, Olah Raga, Kepemudaan dan Sosial Budaya, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Tradisional, Transportasi Publik, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Pendidikan dan Sekolah, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Samosir," pungkasnya.

(gb-ambr03)

Loading...