Kepengurusan PSI Samosir Benahi Organisasi dan Serahkan SK ke KPUD

VIDEO

Kepengurusan PSI Samosir Benahi Organisasi dan Serahkan SK ke KPUD

Sabtu, 07 Maret 2020

Ketua DPD PSI Kabupaten Samosir Syamsuddin Sidabutar menyerahkan SK Kepengurusan kepada KPUD dan Pengurus
SAMOSIR, GREENBERITA.com- Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Samosir melakukan pertemuan dengan para kadernya dalam rangka penyampaian Surat Keputusan Pengurus DPD Kabupaten Samosir dari DPP Jakarta sekaligus bimbingan arahan bagi semua Pengurus dalam mengemban Visi Misi dan Program PSI Kabupaten Samosir, di Villa Lyla, Tolping, Kecamatan Simanindo pada 4 Maret 2020.

Pembenahan organisasi serta perlunya melakukan sumbangsih kepada pembangunan kabupaten ini menjadi benang merah bimbingan yang disampaikan.

"Selain pembenahan organisasi secara menyeluruh,partai juga harus ikut serta mendorong sektor pariwisata yang didukung wisata pertanian agar dikembangkan oleh seluruh stakeholder yang ada," ujar Syamsuddin.

Adapun Susunan Pengurus DPD PSI Samosir : Drs. Syamsudin F. Sidabutar, Wakil Ketua Fajar Hisar Malatua; Sekretaris Tumbur Ignatius Habeahan; Wakil Sekretaris Nurita Siallagan; Bendahara Roin Siallagan.

Sidabutar  juga tegaskan akan segera mempersiapkan Kantor DPD PSI di Pangururan dan dilanjutkan kelengkapan infrastruktur Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di sembilan Kecamatan  serta rantingnya ke depan. 

"Lebih cepat akan lebih baik agar bisa berperan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Samosir kepada Pemerintah dan Parlemen," tegas Syamsuddin.

Untuk itu, Ketua DPD Samosir  sangat mengharapkan dukungan  rakyat terhadap DPD PSI agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pemberi opini dan penyalur aspirasi rakyat yang terpercaya dalam ikut berperan dan berkontribusi bagi kemajuan pembangunan Samosir dan kesejahteraan rakyatnya lebih cepat. Semoga.

Dari sisi pembangunan, Syamsuddin berpendapat peningkatan hasil produk-produk kemasan hasil-hasil pertanian dan events seni budaya yang  menarik dan mengesankan wisatawan nasional dan manca negara akan memacu kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Samosir.

Lebih lanjut, ditekankan bahwa Presiden Jokowi telah memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan pariwisata  Kabupaten Samosir dalam dua kali kunjungannya ke pulau ini bulan Agustus 2016 dan tahun 2018.

Pariwisata Kawasan Danau Toba telah ditetapkan Jokowi sebagai salah satu  super prioritas dari lima proyek pengembangan pariwisata nasional, yang membuka lebar arus orang dan barang dari dan ke Samosir.

Dari janji-janji Jokowi kepada rakyat Samosir juga triliunan rupiah digelontorkan bagi pembangunan infrastruktur pariwisata yang bisa dinikmati masyarakat, namun belum menggembirakan karena kenaikan  wisatawan dan produk keluar belum seperti diharapkan.

"Untuk itu seluruh rakyat Samosir dan para perantau yang berasal dari daerah ini dihimbau hendaknya memberikan perhatian khusus, kontribusi dan berinvestasi di Samosir di bidang usaha-usaha yang terkait pariwisata, pertanian dan seni budaya guna mewujudkan Kawasan Danau Toba dan Samosir khususnya menjadi lima besar tujuan wisata nasional," tambah mantan Wakil Dubes Vietnam ini.

Penataan dan peningkatan kwalitas pelayanan wisata,  keramahtamahan (hospitality) sangatlah perlu bagi orang Batak. "Sesungguhnya orang Batak adalah masyarakat yang terbuka dan santun sebagaimana tersirat dari nilai-nilai agama dan "Dalihan Natolu," tegas Wakil Sekjen Parna Indonesia ini.

Selain itu, produk-produk lokal berupa makanan kemasan dan handicrafts sebagai souvenir dan gifts masih miskin dan belum bervariatif seperti oleh-oleh dari Bali dan Yogyakarta. Juga produk tekstil seperti Batik Batak, Ulos dan selendang belum "go nasional" secara luas di pasar publik dan belum diminati seperti Batik Yogya, Cirebon dan Purwokerto.

Brosur-brosur dan bahan promosi wisata seperti iklan-iklan yang informatif dan lengkap mengenai situs-situs budaya, calendar of events,  produk kemasan hasil pertanian, handicraft dan lainnya perlu dimuat untuk menunjang promosi pariwisata yang   menarik dan mengesankan para turis. Membuat nyaman dan betah turis 3 sd 4 malam bahkan lebih, dengan tertarik pada makanan lokal, situs budaya, pertunjukan seni budaya dan tersedianya souvenir khas yang menarik, mengesankan, bervariatif dan terjangkau harganya akan membuat wisatawan nasional dan asing merogoh koceknya lebih banyak bukan hanya melintas, demikian imbuh Ketua DPD.

Terkait itu, PSI  sebagai pendukung Pemerintahan Jokowi,  DPD ikut berkomitmen untuk partisipasi dan berkontribusi dalam kemajuan pembangunan Samosir dan kesejahteraan rakyat setempat dengan memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata, pertanian dan seni budaya.  Antara lain agar rakyat semakin kreatif dan produktif serta anggaran Daerah maupun Pusat benar-benar dapat sampai dan dirasakan manfaatnya bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat setempat serta tercapainya destinasi pariwisata unggulan  nasional.

(gb-angga/rel)

Loading...