Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Kebocoran Pajak Daerah, Pemkab Samosir Pasang Tapping Box

28 Nov 2019 | 18:26 WIB Last Updated 2019-11-29T12:46:01Z
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten Samosir Sumatera Utara bekerja sama dengan Bank SUMUT akan menyediakan serta memasang alat monitoring transaksi usaha (tapping box) untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari obyek pajak hotel, restoan dan hiburan.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Samosir dengan Bank SUMUT dan Telkom Indonesia sebagai vendor sesuai dengan saran dari Korpsubgah KPK RI.
“Tapping box tersebut diharapkan dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah sejaligus mencegah los potensi pajak daerah serta meningkatkan transparansi,” ungkap Hotraja seperti dikutip pada Kamis (28/9/2019).
Pihak Bapenda Samosir akan memulai pemasangan tapping box dengan melakukan sosialisasi tahap pertama dengan mengikutsertakan 22 hotel dan restoran. 
Diharapkan tahun 2020 semua hotel, restauran dan hiburan yang potensial sudah terpasang tapping box. "Sebagai proyek uji coba akan dilakukan pada Jumat, 29 November 2019 yang saat ini dimulai dari Hotel Samosir Cottage di Tuktuk Siadong dan Restoran Palito di Pangururan," tambahnnya.
Data tapping box tersebut secara online akan masuk ke server pemda setempat sehingga pemda dapat melihat potensi pajak yang terjadi di tempat usaha dan diyakini alat yang dipasang di kasir tersebut dapat memaksimalkan pendapatan, terutama pajak daerah.
(gb-andreyS)