Kapolres Samosir: Kami Bukan Hanya Tanam Sejuta Pohon, Juga Merawatnya

VIDEO

Kapolres Samosir: Kami Bukan Hanya Tanam Sejuta Pohon, Juga Merawatnya

Green Berita
Rabu, 16 Oktober 2019

Kapolres Samosir Samosir dan Bupati Samosir Lakukan Penanaman Pohon di Aek Natonang pada Selasa, (15/10/2019)
SAMOSIR, GREENBERITA.com- Secara serentak, seluruh Polres dari Polda Sumatera Utara yang ada dikawasan Danau Toba (KDT) melakukan penanaman pohon secara simbolis. Program Penanaman Sejuta Pohon di KDT yang diinisasi Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto ini juga dilakukan di Kabupaten Samosir.

Dengan menggandeng Pemkab Samosir, Polres Samosir melakukan penanaman pohon secara simbolis dari isalah satu destinasi wisata baru di Samosir yaitu Aek Natonang, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir pada Selasa, (15/10/2019).

Dalam pernyataannya, Kapolres Samosir AKBP.M.Saleh ketika diwawancara bersama Bupati Samosir di Aek Natonang menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik dari Pemkab Samosir serta berharap kedepannya dapat dilakukan perawatan bersama.

"Kegiatan dan keinginan untuk menanam sejuta pohon dikawasan danau toba diharapkan terus tembuh selain dari upaya Pemkab Samosir maupun Polres Samosir. Ini untuk generasi kedepan karena hutan adalah untuk anak cucu kita," ujar AKBP Saleh.

Kapolres yang merakyat ini juga menyatakan bahwa pihaknya bukan hanya menanam tapi juga dengan cara merawatnya dengan baik. "Itu salah satu yang ditekankan Pak Kapolda, kita bukan hanya bisa menanam tapi juga harus merawat dan menjamin tumbuhan itu bisa berkembang danbertumbuh," tegasnya.

Bersama Pemkab Samosir melalui kecamatan dan polsek diseluruh wilayah Kabupaten Samosir akan dilakukan pengawasan untuk perawatan agar pohon yang ditanam tetap tumbuh. "Setiap triwulan saya juga harus melaporkan perkembangan ini kepada Kapolda," pungkasnya.

Video wawancara dengan Kapolres Samosir, AKBP.m.Saleh di Aek Natonang:


Sebelumnya diberitakan, untuk program penanaman sejuta pohon di wilayah Samosir, Kapolres Samosir AKBP M. Saleh telah melakukan survey lokasi di dua tempat disekitaran Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Samosir, AKBP. M. Saleh ketika dikonfirmasi greenberita.com melalui selulernya pada Jumat, (4/10/2019).

"Benar, kita sedang melakukan survey lokasi di dua tempat dalam rangka rencana Penanaman Sejuta pohon di kawasan tepi danau toba yg merupakan gagasan Pak Kapolda Sumatera Utara," ujar AKBP. M. Saleh.

Ada dua lokasi yang dipilih oleh Polres Samosir untuk menghijaukan Samosir ini, yang pertama berada di Huta Simar Sakkala Desa Sianting Anting Kecamatan Pangururan dengan luas lahan berkisar 500 M² yang merupakan milik lahan saudara Aljon Sitanggang dan pemilik lahan menyetujui penanaman di lahan nya.

Untuk lahan kedua terletak di Desa Sigaol Simbolon Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dengan luas lahan sekitar 6000 M², yang merupakan lahan milik Arda Simbolon.

Dar hasil survey peninjauan lokasi penanaman sejuta pohon serentak di Kabupaten Samosir akan dilaksanakan di Desa Sigaol Simbolon Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dengan luas lahan sekitar 6000 M².

(gb-pardo)

Loading...