Notification

×

Iklan

Iklan

Gegara Pilkades, Warga Desa Hutaginjang di Samosir Sempat Memanas

17 Okt 2019 | 18:50 WIB Last Updated 2020-08-27T00:09:32Z
Camat Sianjurmula Rudi Sitorus bersama Muspika dan Koramil Langsung Tanggap Redam Konflik Gegara Dukungan Pikades di Desa Hutaginjang pada Kamis, (17/10/2019)
SIANJURMULA,GREENBERITA.com- Dua minggu menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak diseluruh desa yang melaksanakannya di Kabupaten Samosir, suasana semakin sensitif akan potensi masalah. 

Hal ini juga terjadi di Desa Hutaginjang, Kecamatan Sianjurmula Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Gegara isu pengusiran terhadap seorang warga yang dikaitkan dengan isu dukungan untuk salah satu calon kepala desa,suasana ditengah warga Desa Hutaginjang sempat memanas.

Informasi yang dihimpun media, masalah terjadi ketika seorang warga berinisial SS yang sudah lama tinggal dengan membangun rumah disebuah lahan yang dipunyai seorang calon kepala desa. 

Diduga calon kades tersebut meminta SS untuk mendukungnya, tapi SS tidak bersedia mendukungnya. Hal ini diduga membuat calon kades tersebut marah dan mengusir SS dari lahannya. Akhirnya SS dengan berat hati membongkar bangunan rumah yang adalah miliknya dan membangun rumahnya di dusun Nahulhul Desa Hutahinjang juga. 

Isu pengusiran tersebut ternyata diupload oleh salah seorang pejabat Desa Hutaginjang ke media sosial sehingga membuat situasi semakin kurang kondusif dan situasi ditengah warga Hutaginjang sempat memanas. 
Beruntung situasi yang mulai tidak kondusif ini dapat segera diredam oleh Camat Sianjurmula Rudi Sitorus bersama Kapolsek Harian Iptu Herman Sembiring beserta Kades Desa Hutaginjang dan para aparat desa. 

Guna meredam masalah tersebut, Camat Sianjurmula langsung bergerak cepat dan mengundang warga yang diduga berkonflik bersama para calon kepala desa di Kantor Desa Hutaginjang pada Kamis, (17/10/2019).

"Barusan kita telah mendengar bahwa saudara SS ternyata sudah ikhlas membongkar sendiri rumahnya dan permasalahan pun sudah selesai. Jangan lagi dikembangkan dengan bahasa lain apalagi di media sosial,mari kita jaga kondusifitas. Dan buat kepala desa pun, walau tidak maju lagi sebagai calon kades diharapkan dapat menjaga netralitas dan tidak dukung mendukung," tegas Camat Sianjurmula, Rudi Sitorus. 

Rudi juga menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan menjelang Pilkades yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2019 mendatang.

"Jangan jika ada sedikit permasalahan diantara kita, langsung kita kait kaitkan dengan Pilkades, karena kita semua masih saudara. Kami sebagai pihak pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat Huta ginjang, menjelang pilkades yang akan datang, kami berharap supaya menjaga keamanan dan kenyamanan, karena di Desa ini kita semua adalah masih ada ikatan Saudara. Jangan hanya karena beda pilihan membuat kita jadi ada perpecahan, karena kita semua ada ikatan saudara. Siapapun nanti yang terpilih adalah kepala desa kita bersama. "Ungkapnya.

Video Mediasi di Desa Hutaginjang dipimpin Camat Sianjurmula:


Pada pertemuan mediasi tersebut turut hadir Ketua P2KD Hutaginjang Rinton Sagala, Kades Hutaginjang Marjon Sagala, Calon Kades nomor urut 4 Antonius Sagala, calon Kades nomor urut 1 Jaheden Sagala, calon Kades Nomor 5 Juanda Limbong serta masyarakat yang hadir.

(gb-pardo)