50 Anggota DPRD Medan Dilantik Hari Ini

VIDEO

50 Anggota DPRD Medan Dilantik Hari Ini

Senin, 16 September 2019

GLADI RESIK: Anggota DPRD Sumut periode 2019-2024 mengikuti gladi resik, Jumat (13/9) pekan lalu. Hari ini (16/9), DPRD Sumut dan DPRD Kota Medan periode 2019-2024 bakal dilantik.
MEDAN,GREENBERITA.com  – Sebanyak 50 Anggota DPRD Kota Medan terpilih periode 2019-2024, akan dilantik secara resmi hari ini, Senin (16/9) di ruang paripurna Gedung DPRD Medan. Sebelumnya, sejumlah persiapan pelantikan sudah dilakukan oleh Sekretariat DPRD Medan.
“Persiapan pelantikan sudah dilakukan bertahap sejak tanggal 13-14 September kemarin. Alhamdulillah tidak ada kendala dari gladi kotor sampai gladi bersih semua sudah dilakukan. Untuk gladi bersih, kita sudah langsung mengundang 50 anggota DPRD Medan 2019-2024,”kata Sekretaris DPRD Kota Medan, Abdul Aziz, yang dikutop dari SUMUTPOS.CO, Minggu (15/9).
Tamu yang diundang tak hanya untuk kalangan dewan dan keluarga saja, namun juga dari berbagai OPD, ormas, dan tokoh masyarakat lainnya. Meski tamu undangan yang hadir diperkirakan hanya ratusan orang, namun tak semua orang diperbolehkan masuk ke ruang paripurna saat acara pelantikan. Pasalnya, kapasitas ruangan terbatas. Untuk itu, pihak sekretariat akan memperketat ruang pengamanan.
Untuk diketahui, dari 50 anggota DPRD Medan terpilih yang telah ditetapkan KPU Medan, sebanyak 17 anggota Dewan merupakan pertahana. Mereka adalah Edward Hutabarat (PDIP), Rajuddin Sagala (PKS), Dame Duma Sari Hutagalung (Gerindra), Robi Barus (PDIP), HT Bahrumsyah (PAN), Surianto Butong (Gerindra), Mulia Asri Rambe (Golkar), Abdul Rani (PPP), Paul Mei Anton (PDIP), Wong Cun Sen (PDIP), Sahat Simbolon (Gerindra), Modesta Marpaung (Golkar), Hasyim (PDIP), Ihwan Ritonga (Gerindra), Hendra DS (Hanura), Daniel Pinem (PDIP), Burhanuddin Sitepu (Demokrat).
Sedangkan para pendatang baru yakni, Abdul Rahman (PAN), Renvelli Pandapotan Napitupulu (PSI), Antonius Devolis Tumanggor (Nasdem), Radiawan Sitorus (PKS), Aulia Rachman (Gerindra),T Edriansyah Rendy (Nasdem), Ishaq Abrar M Tarigan (Demokrat), Janses Simbolon (Hanura), Siti Suciati (Gerindra), Sudari (PAN), Netty Yuniatu Siregar (Gerindra), Edwin Sugesti (PAN), Irwansyah (PKS), Parlindungan Sipahutar (Demokrat), David Roni Sinaga (PDIP).
Kemudian Dedy Aksyari Nasution (Gerindra), Rudiyanto (PKS), Edi Saputra (PAN),M Rizki Nugraha (Golkar), Dodi Robert Simangunsong (Demokrat), Afif Abdillah (Nasdem), Dhiyaul Hayati (PKS), Mulia Syahputra Nasution (Gerindra), Muhammad Afri Rizki (Golkar), Sukamto (PAN), Habiburrahman Sinuraya (Nasdem), Johanes Haratua (PDIP), Syaiful Ramadhan (PKS), Erwin Siahaan (P)SI), Suranta Meliala (Gerindra), Hendri Duin (PDIP), Abdul Latief Lubis (PKS) dan Margaret MS (PDIP).

PDIP, Gerindra, PKS dan PAN Pimpinan Dewan

Sebagaimana diketahui, kursi pimpinan DPRD Kota Medan akan diisi oleh PDIP (10 kursi), Partai Gerindra (10 kursi), PKS (7 kursi), dan PAN (6 kursi). Berdasarkan keuptusan dewan pimpinan pusat masing-masing partai, adapun keempat nama pimpinan dewan yang ditetapkan yakni Hasyim SE sebagai Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga sebagai Wakil Ketua I, Rajuddin Sagala sebagai Wakil Ketua II, dan HT Bahrumsyah sebagai Wakil Ketua III.
Hasyim yang dikonfirmasi Sumut Pos, membenarkan kalau dia mendapat restu dari DPP untuk menduduki kursi Ketua DPRD Medan periode 2019-2024. “Iya betul, sudah dapat keputusan dari DPP,” ucap Hasyim kepada Sumut Pos, Minggu (15/9).
Begitupun saat Sumut Pos mengkonfirmasi hal itu kepada Ihwan Ritonga. Ihwan membenarkan bahwa ia merupakan satu-satunya dari empat pimpinan DPRD Medan periode 2014-2019 yang kembali berhasil menjabat sebagai pimpinan di DPRD Medan.
“Alhamdulillah, DPP masih kasih kepercayaan sama saya. Semoga bisa terus saya jaga untuk memperjuangkan kepentingan rakyat di Kota Medan,” ujar Ihwan.
Ihwan juga menjelaskan, tidak hanya dirinya yang tetap diberikan amanah dan kepercayaan oleh DPP, namun Surianto alias Butong juga turut diberikan kepercayaan kembali sebagai ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan. “Selain saya, Pak Surianto juga masih dipercaya untuk memimpin Fraksi Gerindra DPRD Medan untuk periode 2019-2024. Semoga kami tetap bisa bersinergi seperti halnya yang telah kami lakukan pada periode yang lalu,” kata Ihwan.
Ketua DPD PKS Medan, H Salman Alfarisi Lc MA kepada Sumut Pos juga menyebutkan, DPP PKS telah menetapkan Rajuddin Sagala sebagai pimpinan DPRD Medan dari PKS. Menurutnya, keputusan itu merupakan hal yang tepat dan sangat sesuai dengan keinginan DPD PKS Medan. “Sudah ditetapkan DPP, Pak Rajuddin yang menjabat (pimpinan DPRD Medan).
Saya pikir itu sangat layak, selain mendapatkan perolehan suara yang baik, dari 7 kursi PKS di DPRD Medan untuk periode 2019-2024, hanya Pak Rajuddin yang merupakan ‘incumbent’ yang enam lainnya merupakan anggota dewan yang baru. Kami di DPD PKS Medan yakin sekali, dengan pengalamannya pada periode sebelumnya, beliau sudah sangat paham kondisi Rakyat di Kota Medan,” jelasnya.
Terakhir, saat Sumut Pos mengkonfirmasi ditetapkannya nama HT Bahrumsyah sebagai pimpinan DPRD Medan dari Fraksi PAN, Bahrum yang juga merupakan Ketua DPC PAN Kota Medan turut membenarkannya. “Alhamdulillah, sudah ditetapkan oleh DPP, hampir sebulan yang lalu,” tutupnya.
(rel-Angrosag)

Loading...