Rekapitulasi Suara di Kabupaten Karo Selesai, Jokowi – Ma’ruf Amin Raih 92 Persen

VIDEO

Rekapitulasi Suara di Kabupaten Karo Selesai, Jokowi – Ma’ruf Amin Raih 92 Persen

Green 5
Minggu, 28 April 2019

Foto bersama usai melaksanakan Rapat Rekapitulasi
KARO, GREENBERITA.com - Perhitungan suara tingkat Kabupaten Karo telah usai. Hal itu ditandai dengan Rapat Rekapitulasi penghitungan Perolehan suara Pemilihan Umum secara serentak di hotel rudang Berastagi Sabtu (27/4).

Hasil pemilihan Presiden dan wakil Presiden Periode 2019 – 2024 dikabupaten karo dimenangkan oleh Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin dengan jumlah persentase perolehan suara mencapai 92 %.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten karo Gemar Tarigan usai Rekapitulasi mengatakan tahapan telah dilakukan sesuai dengan arahan KPU RI.

"Setelah dilakukan rekapitulasi berjenjang dari bawah dan kita sudah melakukan rekapitulasi ditingkat kabupaten yang kita laksanakan mulai tanggal 25 april dan berakhir hari ini tanggal 27 april 2019," kata Gemar.

Pihaknya kata Gemar telah menargetkan waktu rekapitulasi dilakukan selama tiga hari. "Dan tidak ada persoalan serta berjalan dengan lancar, untuk hasil hasilnya secara umum bisa kami gambarkan, untuk Paslon Presiden dan Wakil Presiden dimenangkan oleh Paslon 01 dengan meraih perolehan suara kurang lebih 92 persen," sebutnya.

Kemudian untuk DPR RI ataupun DPD RI secara merata, Partai PDIP, Nasdem, Golkar, dan untuk Provinsi juga hampir sama dengan itu.

"Untuk DPRD Kabupaten kota, ini didominasi oleh partai PDIP, berikutnya ada Partai Gerindra, Hanura, Nasdem dan berurutan kebawah yang mana selebihnya secara merata di lima Daerah Pemilihan (dapil) yang ada dikabupaten Karo," imbuhnya.

Kursi yang ada di DPRD Kabupaten Karo ada 35, pihaknya masih menunggu dan melakukan penetapan perolehan suara.

Hal ini lanjutnya ada rekapitulasi berjenjang ke Provinsi dan Nasional. Setelah itu ada pasca perhitungan secara Nasional dan diberikan kesempatan bagi peserta, baik DPD Partai Politik dari nomor urut 01 dan 02 untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

"Target mungkin bulan juni kita akan melakukan rapat Pleno Penetapan 35 orang calon terpilih yang ada di DPRD Kabupaten Karo," ucap Gemar.

Pantauan awak media, di acara rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Karo terlihat hadir Ketua DPC dari Partai Gerindra Cory Sriwaty Sebayang yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Karo. (Gs/G5)
loading...