Latih 40 Pemandu Wisata Desa, Dinas Pariwisata Samosir Targetkan Local Champion

VIDEO

Latih 40 Pemandu Wisata Desa, Dinas Pariwisata Samosir Targetkan Local Champion

Mariati Sihotang
Rabu, 13 Maret 2019

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro buka pelatihan pemandu wisata di Parbaba Beach Hotel, Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Provinsi Sumatra Utara.
PANGURURAN, GREENBERITA com - Guna menciptakan pemandu wisata unggulan di Desa Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, berikan pelatihan kepada 40 orang pemandu wisata di desa, Rabu (13/3/2019) bertempat di Parbaba Beach Hotel, Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro,  dalam sambutannya menyampaikan, komitmennya sejak lama yaitu untuk membangun mimpi pariwisata Samosir, menjadi destinasi unggulan. Unggul tidak hanya dari sisi alam, budaya, atraksi, kearifan lokal, historis tetapi juga unggul dari sisi sumber daya manusianya.

"Komitmen Dinas Pariwisata tahun ini adalah mencari local champion dari setiap desa potensial wisata. Trend pariwisata dunia saat ini sedang mengarah kepada engagement tourism, yaitu wisatawan ingin terlibat langsung dengan aktifitas masyarakat setempat, ingin merasakan sensasi-sensasi yang tidak didapatkanya di daerah asalnya," papar Ombang.

Lanjut Kadis yang juga dikenal berhasil membuka objek wisata Batu Hoda ini, melihat potensi yang ada di Samosir, sangat mungkin keunikan dan kekayaan yang tersembunyi pada tiap desa, yang selama ini belum dieksplore oleh masyarakat setempat, sangat dimungkinkan bisa dikemas menjadi paket wisata unggulan yang layak dijual kepada wisatawan domestik terlebih mancanegara.

Ia juga menyampaikan, pelatihan itu dilaksanakan sebagai upaya menggerakkan masyarakat potensial untuk mengeksplore kekayaan, keunikan budaya serta mengkemasnya dan memanfaatkanya untuk menambah kunjungan wisata sekaligus memberi nilai tambah ekonomi di desanya masing-masing.

Selain itu, kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13-15 Maret 2019 itu, kata Ombang, dilaksanakan guna menciptakan pemandu wisata yang terampil, handal, profesional dan konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung atau wisatawan.

Disampaikan lebih lanjut, sasaran kegiatan pelatihan itu adalah masyarakat potensial pemandu wisata, pelaku wisata dari berbagai desa di Kabupaten Samosir.

Kepala Bidang Pengendalian Usaha Pariwisata, Robintang Naibaho, kepada wartawan menyampaikan, kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari itu, hadirkan Dearman Damanik dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sumut dan Anton Lois Fical salah satu Tour Operator yang menjual paket wisata ke berbagai mancanegara sebagai narasumber.

"Sukses untuk pariwisata Samosir, sukses untuk para local champion Kabupaten Samosir," ucap Robintang.
(Red)
loading...