Ini Penyebab Fenomena Air Deras Dari Gunung Galunggung Menurut BNPB

VIDEO

Ini Penyebab Fenomena Air Deras Dari Gunung Galunggung Menurut BNPB

Green 5
Jumat, 29 Maret 2019

Screenshot video | twitter
JAWA BARAT, GREENBERITA.com - Air deras yang mengalir dan keluar dari Gunung Galunggung sempat menghebohkan warga Tasikmalaya Jawa Barat.

Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun @junedd15 dalam akun twitternya miliknya.

Dalam video amatir berdurasi singkat itu memperlihatkan warga keluar rumah untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, yang memperlihatkan keluarnya air dari Gunung Galunggung.

"Ini ada turunan air dari kawah gunung galunggung, saya berada di desa Linggajati, Kp Batubulu. Sekarang warga baru keluar untuk melihat air" katanya melalui video itu.

"Air keluar secara tiba, dari kawah Gunung Galunggung harap warga hati-hati" tambah juned dalam akun twitternya

Penjelasan BNPB Kabupaten Tasikmalaya

Menanggapi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya telah memberikan informasi dan penjelasan terkait keluarnya air di Gunung Galunggung melalui akun Twitternya, Kamis (28/3/2019).

Dikutip dari Twitter resminya, @BPDB_KabTasik, dijelaskan air turun dari tebing kawah Galunggung muncul akibat intensitas hujan tinggi.

"PANTAUAN CUACA Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. & terlihat secara visual air turun dari tebing kawah Galunggung. akibat intensitas hujan tinggi. Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung. 15.18 WIB," tulis akun tersebut.
PANTAUAN CUACA Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. & terlihat secara visual air turun dari tebing kawah galunggung. akibat intensitas hujan tinggi.

Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung. 15.18 WIB


Situasi Terkini Gunung Galunggung

Melansir dari liputan6.com, Informasi yang bersumber dari Pos Pantau Gunung Galunggung menyebutkan aktivitas Gunung Galunggung normal. Kondisi warga sekitar juga terpantau kondusif dan aman.

Kronologi Kehebohan Warga Sekitar Gunung Galunggung

Kehebohan Warga Tasikmalaya Jawa Barat ini diawali dengan Video penampakan air terjun yang berada di Gunung Galunggung. Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun mariana.risoles di ke laman Facebook miliknya.

Ketika hal ini ramai, banyak sekali warga yang mulai keluar rumah untuk melihat ke Gunung Galunggung, salah satunya adalah @junedd15 yang akhirnya mengabadikan video fenomena air terjun yang berada di Gunung Galunggung, karena posisinya berada dekat, ia berada di Desa Linggajati, Kp Batubulu.

Laporan tertulis petugas Pos PVMBG setempat kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya menyatakan, pantauan cuaca saat kejadian dilihat warga dari Kecamatan Sukaratu, Desa Linggajati, Kampung Batubulu, terpantau mendung.

Secara visual, air yang turun dari tebing kawah Galunggung itu terlihat cantik, tapi membuat warga setempat sangat khawatir dan meminta petunjuk atau arahan dengan fenomena tersebut.

Alasannya untuk menindaklanjuti terkait video yang beredar dan berhasil dikonfirmasi bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. Adanya air yang turun dari tebing barat daya Gunung Galunggung, sudah terjadi lama.

Apabila debit air di danau gunung melimpah, kemungkinan besar Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) akan mengatur keluarnya debit air ke sungai Cikunir. BPBD Tasikmalaya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada da tidak panik terhadap lingkungan sekitar.

Jika terjadi keadaan darurat atau kejadian bencana, diharapkan segera melaporkannya ke pemerintah setempat dan BPBD Tasikmalaya melalui call center PUSDALOPS 0821-2059-4513. Dapat pula menghubungi Pos SAR Tasikmalaya ke nomor telepon 0265-7541-115. (Lp6/G5)
loading...