Notification

×

Iklan

Iklan

Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Dukung Poldasu Sukseskan Pemilu 2019

23 Feb 2019 | 23:14 WIB Last Updated 2019-11-10T13:37:50Z

SERDANG BEDAGAI, GREENBERITA.com - Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kabupaten Sergai mengajak seluruh masyarakat Melayu untuk mendukung Kapoldasu beserta jajaran mensukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pilkada secara aman dan damai.

Demikian disampaikan Ketua DPD Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kabupaten Sergai OK David Purba dalam sambutannya pada acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu Kabupaten Serdang Bedagai yang digelar di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/02/2019)

Dikatakan, masyarakat Melayu mengajak semua untuk rapatkan barisan. "Kita adalah bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dalam menentang ketidak jujuran (kebohongan). Masyarakat Melayu siap mendukung Kapolda Sumut beserta jajaran dalam mensukseskan dan memberikan pengamanan dalam gelaran Pilpres dan Pilkada 17 April 2019 mendatang serta menangkal berita HOAX yang beredar di masyarakat," ujarnya.

Acara tersebut dihadiri Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya memberikan selamat atas suksesnya pelaksanaan acara silaturraahmi Akbar Masyarat Melayu Serdang Bedagai, dikarenakan dengan digelarnya acara ini dapat mempersatukan serta mengenal masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai mengucapkan selamat atas acara silaturahmi Akbar masyarakat Melayu Serdang Bedagai. Saya juga ucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Acara ini merupakan alat pemersatu dan saling mengenal satu sama lain di samping kesibukan kita,” katanya.

Untuk itu, Bupati mengajak para masyarakat yang hadir, untuk melestarikan adat budaya khususnya Budaya Melayu,karena adat budaya diyakini dapat menjadi benteng dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sebagai masyarakat Melayu Sergai harus mampu menjunjung tinggi adat dan budaya terkhusus Budaya Melayu, sebab dengan adat dan budaya kita dapat menangkal hal-hal negatif yang berkembang di zaman sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Selain itu adat dan budaya juga dapat menangkal berita-berita HOAX, yang kini mulai meresahkan masyarakat,” imbuh Soekirman.

Dirinya juga mengingatkan terkait masalah Pilpres dan Pilkada, serta berharap kepada masyarakat dapat menjaga pemilu yang damai, aman dan tertib.

“Di Tanah Bertuah Negeri Beradat memiliki moto Bersaudara, untuk itu kita semua harus menjaga persaudaraan jangan terkotak-kotak dalam Pemilihan Serentak kali ini,” ucap Bupati.

Sementara, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto menyampaikan harapannya agar masyarakat Sumut dapat menjaga ketenteraman saat Pesta Demokrasi berlangsung.

“Selaku Kapolda Sumut dan sebagai penanggung jawab ketertiban di Sumut mengharapkan kepada seluruh warga Sumut khususnya di Sergai untuk bersama-sama menjaga ketentraman di dalam pesta demokrasi mendatang. Dengan masih maraknya isu agama yang dimasukan dalam ranah politik yang saat ini sudah masuk di masyarakat dan hal ini dapat memecah belah kita semua,” katanya.

Jenderal Bintang Dua itu juga mengajak masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berita yang belum terbukti kebenarannya.

“Kita jangan mudah tertipu dan terprovokasi terhadap berita yang belum terbukti kebenarannya. Dan kepada kita semua agar menghindari permusuhan dan perdebatan akibat berita yang tidak benar yang mengakibatkan ketidakpercayaan satu dengan yang lain, dan jangan mudah di adu domba. Kita harus bersatu agar negara ini kuat dan semoga dengan semangat dan perjuangan kita akan menjadi negara yang besar dan negara yang kuat,” katanya.

Terkait masalah adat Melayu, Kapoldasu juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman yang telah mengeluarkan Perbup pakaian adat Melayu sebagai pakaian dinas.

Usai acara Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya dan bersama Kapolda Sumut meninjau proses sunat masal yang di targetkan sebanyak 100 peserta serta disempatkan juga menyapa masyarakat yang hadir dalam acara tersebut

Ikut hadir dalam acara diantaranya, Kabidhumas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SH MH Serra jajarannnya, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, Sekda kab Sergai Drs Hadi Winarno MM, Asisten dan staf Ahli Bupati serta para kepala OPD Sergai, Ketua Umum  MABMI H Syamsul Arifin, Presiden Puja Kesuma, Sultan Serdang Drs Tengku Ahmad Tala’a, Pangeran Bedagai Ir T Achmad Syafei serta ratusan masyarakat Melayu Sergai. (***/PS)