Catat, Ini Jadwal Penyeberangan Feri KMP Ihan Batak Ajibata-Ambarita

VIDEO

Catat, Ini Jadwal Penyeberangan Feri KMP Ihan Batak Ajibata-Ambarita

Green Berita
Sabtu, 29 Desember 2018

Ferry KMP Ihan Batak, dari  Ajibata-Ambarita
PANGURURAN,GREENBERITA.com - Bila traveler ingin Liburan ke Danau Toba, sekarang aksesnya semakin baik dan memanjakan wisatawan. Setelah dibukanya akses penerbangan domestik dan internasional langsung ke danau Toba melalui Bandara Silangit, sekarang akses penyeberangan danau toba menjadi lebih gampang dengan beroperasinya Ferry KMP Ihan Batak oleh PT ASDP Indonesia, sehingga memudahkan mobilitas wisatawan dalam mengeksplorasi Danau Toba.

Ferry KMP Ihan Batak dirilis pada hari Kamis (27/12/2018). Kapal ini menghubungkan Ajibata-Ambarita. Hal ini dibenarkan Kepala ASDP Sibolga Anang Wahyudi. Ia mengatakan kehadiran KMP Ihan Batak menjadi wujud komitmen dukungan untuk sektor pariwisata.

"Ferry KMP Ihan Batak ini sudah dapat dinikmati oleh wisatawan serta masyarakat lokal dan luar kota yang ingin berkunjung ke Danau Toba juga bisa menggunakannya. Pengoperasian angkutan ferry ini menjadi bentuk dukungan ASDP Indonesia Ferry bagi sektor pariwisata, khususnya di sekitar Danau Toba," ujar Anang Wahyudi ketika dihubungi greenberita.com pada Sabtu (29/12/2018).

KMP Ihan Batak masuk kategori Ro-ro dan menjadi KMP besar pertama yang dibangun di galangan sekitar Danau Toba. Difasilitasi Kementerian Perhubungan, kapal ini memiliki ukuran 300 Gross Tonage (GT). 

"Kapal ini sangat nyaman digunakan. Kapasitasnya besar dan cocok untuk perairan Danau Toba. Profil kapal ini sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan wisatawan," ujar Anang Wahyudi.

Didukung mesin besar, KMP Ihan Batak memiliki kapasitas angkut besar yang mampu mengangkut 280 penumpang. Kemampuan lainnya adalah membawa 35 hingga 40 unit mobil pribadi dalam waktu bersamaan. Untuk kendaraan campur, kapasitas diperkirakan 22 unit saja. Imelda menuturkan, KMP Ihan Batak menjadi momentum terbaik memajukan pariwisata Danau Toba.

"Kapasitas angkut KMP Ihan Batak besar. Fungsinya lengkap dengan ruang pengangkutan barang yang juga lebar. Kehadiran KMP Ihan Batak jadi momentum untuk menghadirkan layanan transportasi ferry terbaik. Kapal ini andal, aman, dan nyaman bagi wisatawan," tambahnya.


Pengoperasian KMP Ihan Batak di Danau Toba di bulan Desember ini sangat tepat, karena destinasi eksotis dunia ini akan menghadapi moment perayaan Tahun Baru 2019 dimana pengunjung akan semakin banyak mengunjungi danau toba terkhusus Pulau Samosir.

Pelayanan mobilitas para wisatawan di pelabuhan Ajibata-Ambarita, KMP ini akan beroperasi 6 trip setiap harinya, berikut rinciannya:


Selama menjalani masa percobaan, ASDP Ferry Indonesia terus melakukan evaluasi berjalan atas KMP Ihan Batak ini dengan memperhatikan respon dari publik. Sehingga, ASDP Ferry Indonesia akan terus meningkatkan mutu pelayanan. 

"Pada pengoperasian awal ini, kami terus memperhatikan feedback dari penumpang. Semua akan dievaluasi. Sebab, kami terus berkomitmen guna memberikan layanan prima," pungkas Anang Wahyudi.

Loading...