Kopi Pardosir Butuh Jalan Tani, Biar Warga Tak Merugi

VIDEO

Kopi Pardosir Butuh Jalan Tani, Biar Warga Tak Merugi

Green Berita
Jumat, 02 November 2018

Lokasi perkebunan kopi Pardosir.
PANGURURAN, GREENBERITA.com-Warga Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir memiliki potensi wisata kebun kopi dan juga produksi kopi berkualitas, yang disebut "Kopi Pardosir".

Sayangnya, jalan menuju desa tersebut masih buruk. Akibatnya, potensi peningkatan ekonomi warga sulit tercapai lantaran distribusi kopi termasuk hasil olahan kerap terkendala, bahkan warga bisa sampai merugi.

Kepala Desa Paarbaba Dolok, Kalteng Sinaga kepada rombongan Bupati Samosir yang datang ke desa mereka, Kamis (1/11/2018), menyampaikan unek-unek warganya, kebutuhan perbaikan jalan tani yang mendesak.

Dia mengapresiasi kehadiran rombongan bupati guna melakukan sosialisasi pengembangan pengolahan Kopi Pardosir. Harus diakui, potensi sumber daya alam di Desa Parbaba Dolok terutama dalam pengembangan perkebunan kopi dapat meningkatkan perekonomian para petani kopi.

Cuma saja, kata Kalteng, ada kendala dalam distribusi hasil kopi akibat jalan tani yang kurang memadai. Karena itu masyarakat tani berharap banyak Pemkab Samosir dapat meningkatkan pembangunan jalan rusak, sehingga biaya pengangkutan hasil kopi lebih murah dan para petani kopi tidak merugi.

"Dengan berkembangnya usaha kebun kopi ini tentunya juga akan berdampak pada pengembangan desa wisata di Desa Parbaba Dolok dengan ciri khas lokasi wisata perkebunan kopi. Sebagai bukti semangat tersebut masyarakat Desa Parbaba Dolok siap memberikan lahan untuk pembangunan pelebaran jalan ke lokasi jalan usaha tani," katanya. (pem)
loading...