Notification

×

Iklan

Iklan

Jendela Toba Tagih Janji Zero Keramba di Danau Toba

23 Nov 2018 | 10:13 WIB Last Updated 2019-11-10T13:38:49Z
Mangaliat R Simarmata
SIMALUNGUN, GREENBERITA.com-Jendela Toba, lembaga masyarakat yang peduli dengan kawasan Danau Toba, menagih janji Luhut Pandjaitan saat menjabat Menko Kemaritiman, untuk menindak keramba ikan yang mencemari Danau Toba.

Ketua Jendela Toba, Mangaliat Simarmata mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi perhatian Luhut Pandjaitan saat menjabat Menko Kemaritiman, atas pencemaran Danau Toba yang sudah sangat parah.

Diakui bahwa penelitian sudah banyak dilakukan, baik dari akademisi maupun pemerintah, sehingga berkesimpulan bahwa pencemaran Danau Toba sudah sangat parah yang sudah jelas sangat mengancam ekosistem Danau Toba sebagai air tawar terbanyak dan terbaik di dunia.

Terakhir dengan hasil penelitian Bank Dunia dengan kesimpulan yang sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya.

"Pak Luhut Panjaitan sebagai Menko Kemaritiman pernah berjanji yang diberitakan berbagai media massa bahwa pemerintah akan mengambil kebijakan terhadap keramba ikan yang mencemari ini adalah menungggu hasil penelitian Bank Dunia. Hasil penelitian sudah dilaporkan kepada Pak Luhut Panjaitan, maka kita berharap segeralah pemerintah mengambil kebijakan untuk itu," tukas Mangaliat, Jumat (23/11/2018).

Mangaliat juga menagih janji pemerintah, bahwa akan ada kebijakan zero keramba ikan di Danau Toba.

"Kami dari Jendela Toba sependapat dengan Pak Luhut Pandjaitan, bahwa dengan zero lah keramba ikan di Danau Toba bisa dicapai target pariwisata, sebagaimana sudah ditentukan pemerintah," katanya. (red)