Ini Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

VIDEO

Ini Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Green Berita
Minggu, 04 November 2018

Jantung dan Kopi | foto ilustrasi
SAMOSIR, GREENBERITA.com - Siapa yang tidak mengenal minuman yang satu. Minuman dengan ciri khas berwarna hitam ini digemari oleh berbagai pecinta kopi dari berbagai Negara. Di indonesia sendiri biji kopi merupakan salah satu komoditi yang sangat laku untuk dijual karena aroma khas dan kuliatasnya.

Minuman kopi mengandung kafein. Seperti diketahui, kafein sangat bermanfaat bagi tubuh, meski demikian mengkonsumsi kopi juga harus sesuai dengan takarannya. Jika tubuh mendapat kafein sesuai dengan dosisnya, maka baik untuk stamina dan juga menambah energi. Bukan hanya itu, ada banyak lagi manfaat kopi bagi tubuh yang akan dibahas saat ini.

Dari berbagai sumber yang dirangkum media ini, beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah:

1. Mengurangi depresi
Depresi adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh mahluk hidup termasuk manusia. Penyebabnya karena beban pikiran yang cukup berlebihan. Kopi ternyata mampu mengurangi bahkan mencegah depresi. Kadungan kafein di dalamnya memberi rileksasi pada pikiran.

2. Mengurangi rasa sakit kepala
Salah satu manfaat kopi hitam ialah mengatasi sakit kepala. Kopi hitam dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi aman. Hanya saja, kadar kopi yang dikomsumsi harus sesuai dan jangan berlebihan. 

3. Metabolisme tubuh menjadi lancar
Kopi hitam juga mampu memperlancar kinerja organ tubuh. Hal ini disebut sebut telah banyak yang membuktikannya.

4. Meningkatkan konsentrasi pikiran
Kopi mampu meningkatkan daya ingat juga memperkuat konsentrasi pikiran. Seiring dengan pertambahan usia semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi lebih awal baiknya rajin mengonsumsi kopi hitam. Kopi hitam juga cocok untuk dikonsumsi anak anak pada usia pertumbuhan. Itulah mungkin banyak pecinta kopi menyebut kopi adalah Konsentrasi Pikiran.

5. Mencegah Diabetes
Dengan teratur mengkonsumsi kopi dapat mencegah penyakit diabetes. Ditambah dengan olahraga dengan teratur dan komsumsi sayuran, maka Diabetes akan menjauh dari tubuh kita.

6. Mencegah kanker kulit
Orang yang meminum kopi memiliki resiko 20% lebih kecil terkena kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin) dibanding orang yang tidak meminum kopi selama setiap hari. 

Kafein yang ada pada kopi dipercaya dapat bermanfaat membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker saat terkena matahari. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kopi juga diklaim bisa menangkis stres oksidatif pada kulit. 

7. Antioksidan Alami
Antioksidan dalam tubuh memiliki fungsi mencegah serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit. Selain buah kopi, juga mampu meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

8. Mencegah penyakit jantung
Jantung salah satu organ tubuh yang paling vital. Ada banyak yang meninggal dunia karena penyakit jantung. Jantung berhubungan dengan aliran darah dan pembuluh. Nah, ternyata dengan kadar yang sesuai, kafein mampu menambah elastisitas pembuluh darah sehingga memperlancar peredaran darah.

Demikian sekilas tentang manfaat kopi hitan jika di komsumsi secar benar dengan tidak berlebihan. 

Oleh: Frans
loading...