Notification

×

Iklan

Iklan

Dr Sutarto Ditetapkan Jadi Ketua DPRD Sumut Ganti Almarhum Baskami Ginting

13 Mar 2024 | 22:22 WIB Last Updated 2024-03-13T15:28:38Z
Ket Foto: Sidang paripurna penetapan Sutarto menjadi Ketua DPRD Sumut.

GREENBERITA.com
-- Dr Sutarto ditetapkan menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) sisa periode 2019-2024. Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut itu menggantikan Almarhum Baskami Ginting yang meninggal dunia pada 7 Februari 2024.

Penggantian jabatan Ketua DPRD Sumut ini dilakukan lewat sidang paripurna di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu (13/3/2024). 

Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution dan wakil ketua lainnya, Rahmansyah Sibarani dan Irham Buana Nasution.

Sekretaris DPRD Sumut Zulkifli menyampaikan Sutarto ditunjuk menggantikan Baskami Ginting sejak 4 Maret 2024 oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal ini merespons surat dari pihaknya, agar PDIP menetapkan pengganti Baskami Ginting.

Menurutnya pelantikan Sutarto sebagai Ketua DPRD Sumut masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri.

"Setelah nanti proses administrasi ini clear, maka kita akan segera lantik melalui sidang paripurna kembali," kata Zulkifli.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho yang menghadiri penetapan itu berharap Sutarto sebagai koordinator DPRD Sumut mampu menyinergikan segala aspek antara eksekutif dan legislatif.

Menurutnya, hal itu penting guna melanjutkan semua program pembangunan di Sumut pada tahun ini.

"Saya kenal betul profile beliau, bagaimana komunikasinya dan ini sebagai modal utama menjalin sinergitas dalam membangun Sumut," kata Arief.

"Kami eksekutif selalu membangun sinergitas dan komunikasi serta kerja sama yang baik, karena tidak mungkin eksekutif bekerja sendirian untuk mewujudkan semua rencana pembangunan yang ada di Sumut," sambungnya.

Sementara Sutarto menaruh rasa hormat kepada Baskami Ginting. Dia mendoakan Baskami Ginting agar mendapat tempat terbaik di surga.

"Yang kedua, tentu ini menjadi amanah bagi saya untuk dijalankan ke depan. Saya mohon doanya, saya mohon support-nya, mohon juga masukan terutama teman-teman dari media," ujarnya.

Sutarto turut mengajak semua pihak terutama Forkopimda untuk saling bersinergi membangun kondusifitas Sumut.

Sebelumnya diberitakan, DPP PDIP menunjuk Sutarto sebagai Ketua DPRD Sumut menggantikan Baskami Ginting yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

(Gb-Raf)