Notification

×

Iklan

Iklan

Rekapitulasi Suara Hasil Pemilu Dimulai, Ketua KPU Samosir: Kecamatan Lain Hari Senin Digelar

17 Feb 2024 | 14:03 WIB Last Updated 2024-02-17T07:12:49Z

Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak 

GREENBERITA.com- Rekapitulasi Suara dan Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kabupaten Samosir di tingkat kecamatan mulai digelar hari ini oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Onan Runggu, Palipi dan Nainggolan.


Menurut Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak,  sisa 6 (Enam) kecamatan yang belum menggelar rekapitulasi harus dilakukan paling lambat hari Senin, 19 Februari 2024 mendatang.


"Seluruh PPK harus sudah menggelar rekapitulasi paling lambat hari Senin mendatang, sebenarnya ada yang merencanakan hari Minggu tapi diundur jadi Senin," ujar Vincentius Sitinjak ketika dikonfirmasi greenberita melalui selulernya pada Sabtu, 17 Februari 2024.


Ada 6 kecamatan yang belum melakukan rekapitulasi yaitu Kecamatan Pangururan, Simanindo, Ronggur Nihuta, Sianjurmula, Harian dan Sitiotio.


"Adapun kendala tertunda nya PPK menggelar esok hari karena faktor Minggu adalah hari beribadah serta belum melakukan koordinasi dengan PPS dan Saksi Partai Parpol," ujar Vincentius.


Rencananya, ada beberapa kecamatan yang akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara dengan model 2 panel sehingga lebih menghemat waktu rekapitulasi.


"Untuk menghemat jumlah hari rekapitulasi, akan digelar 2 panel di kecamatan yang mempunyai TPS yang banyak, tapi kendala nya harus ada 2 admin yang harus mempunyai akun yang dikeluarkan langsung dari KPU RI," tambahnya.


Saat ini, rekapitulasi di Kecamatan Palipi menjadi salah satu sampel penggunaan aplikasi SiRekap oleh KPU RI dengan melakukan live yang langsung diakses oleh KPU RI. (Gb-Ferndt01)