Notification

×

Iklan

Iklan

Unggul Real Count KPU RI di PDI-Perjuangan, Pilipus Pandiangan: Hitungan Akhir Saya Kalah 43 Suara

17 Feb 2024 | 19:26 WIB Last Updated 2024-02-17T14:06:24Z

Caleg PDI-Perjuangan Pilipus Pandiangan (tengah) mengaku Kalah 43 Suara dari Osvaldo Simbolon, (17/2)

GREENBERITA.com- Berdasarkan perhitungan suara sementara Pemilu 2024 di Dapil I Kabupaten Samosir, Calon Legislatif Partai PDI-Perjuangan Samosir Nomor Urut 2 Pilipus Pandiangan unggul perolehan suara dari Caleg nomor urut 7 Edis Verianto Naibaho dan nomor urut 4 Osvaldo Ardiles Simbolon di internal partai PDI-Perjuangan Samosir.


Dilihat pada pada laman http://pemilu2024.kpu.go.id pada Sabtu, 17  Februari pukul 14.45 Wib, terlihat Pilipus Pandiangan memperoleh 855 suara sedangkan Edis Verianto Naibaho memperoleh 519 suara dan Osvaldo Simbolon meraih 284 suara. Perolehan suara tersebut berasal dari 98 TPS dari 144 TPS atau 68 persen dari seluruh jumlah suara di Dapil I Kabupaten Samosir.


Seperti diketahui, Pilipus Pandiangan merupakan Anggota DPRD Kabupaten Samosir periode 2019-2024 dari Partai PDI-Perjuangan, sedangkan Edis Naibaho dan Osvaldo Simbolon adalah pertama kalinya menjadi Caleg DPRD Samosir.


Ketika dikonfirmasi greenberita, Pilipus Pandiangan justru mengaku dirinya telah kalah pada perhitungan suara dari dua calon tersebut pada perhitungan internal partainya.


"Suara yang masuk pada hari pertama itu kebetulan kantong suara saya yang pertama masuk, tapi setelah hari kedua kita hitung di internal partai PDI-Perjuangan, ternyata saya kalah 43 suara dari Osvaldo Simbolon," ujar Pilipus Pandiangan.


Untuk Caleg nomor urut 7 Edis Naibaho, menurutnya sudah mencapai 1600 suara dan unggul dari mereka berdua.


"Kita pastikan real suara yang masuk itu saya kalah 43 suara kita dari Osvaldo, Edis Naibaho 1600 suara sedangkan saya dan Osvaldo sekitar 1300-an, selisih 43 suara lebih banyak Osvaldo Simbolon," jelasnya.


Berdasarkan hitungan dari pihaknya berdasarkan photo C1 Plano yang didapatkan, Pilipus Pandiangan mengaku partai PDI-Perjuangan mendapatkan 2 kursi dari Dapil I Kabupaten Samosir.


"Dari photo C1 Plano yang kita kumpul dari setiap TPS, Partai PDI-Perjuangan mendapatkan 2 kursi di Dapil I dengan raihan 5137 suara," terangnya.


Dirinya secara gentleman mengaku menerima kekalahan tersebut karena memang mengikuti langsung penghitungan suara tersebut dan percaya tidak ada kecurangan dalam penghitungan baik oleh penyelenggara maupun internal partai PDI-Perjuangan sendiri.


"Kita sudah maksimal, inilah yang bisa kita dapatkan dan tidak ada memang kecurangan dalam penghitungan tersebut, saya mungkin kecolongan sebelum permainan," jelasnya.


Sebelumnya, Partai Gerindra melalui Saurtua Silalahi juga mengaku bahwa Partai PDI-Perjuangan mendapatkan suara terbanyak di Dapil I Samosir dan Partai Gerindra nomor 2 tertinggi setelah Partai PDI-Perjuangan.  ***


 (Gb-Ferndt01)