Notification

×

Iklan

Iklan

Alasan Kemanusiaan, Polres Samosir Ijinkan Tahanan Rayakan Ultah Anaknya di Ruang Tahti

22 Feb 2024 | 09:56 WIB Last Updated 2024-02-22T02:56:36Z
 
Polres Samosir Ijinkan Tahanan Rayakan Ultah Anaknya di Ruang Tahti (21/2)



GREENBERITA.com- Dengan dasar kemanusiaan, Kapolres Samosir melalui Kasat Tahti Aipda Saut Siahaan mengijinkan tahanan merayakan ulang tahun (Ultah) anaknya di Ruang Sat Tahti Polres Samosir pada Rabu Sore, 21 Februari 2024, sekitar pukul 16.00 WIB.

Usai pelaksanaan Apel Pagi di Lapangan Mako Polres Samosir pada hari Kamis, 22 Februari, Kasat Tahti Polres Samosir Aipda Saut Siahaan bercerita tentang perayaan ulang tahun anak tahanan berinisial TS tersebut.

"Berawal saat besuk tahanan pada Rabu, 24 Januari 2024 di RTP Polres Samosir. Saat itu, ketika jam besuk akan berakhir, anak tahanan yang sedang digendongnya menangis dan enggan berpisah dari ayahnya (TS)," ujar Aipda Saut Siahaan m

Akhirnya dirinya memberikan waktu tambahan kepada anak tersebut sambil menghibur, dan setelah beberapa menit, anak tersebut akhirnya dipisahkan sementara dari ayahnya. 

"Saya kemudian menanyakan umur anak tersebut kepada tahanan dan mendapat jawaban bahwa pada tanggal 23 Februari, anak tersebut akan genap berusia 2 tahun, dari situlah saya berjanji untuk merayakan ulang tahun anak tersebut bersama ayahnya di ruang tahanan Polres Samosir," jelas Saut Siahaan. 

Beberapa minggu kemudian, tahanan meminta bantuan Kasat Tahti untuk menghubungi istrinya. Mendengar cerita dari tahanan (TS), Kasat Tahti lalu mengatur perayaan ulang tahun secara sederhana di ruangannya dengan menyediakan kue ulang tahun. 
Kedua Anak tampak bersukacita rayakan ulang tahun bersama papa tercinta, (21/2)


Acara tersebut diisi dengan doa, lagu selamat ulang tahun dan diiringi suara gitar yang dimainkan langsung oleh Kasat Tahti sendiri.

Dirinya bercerita kegiatan tersebut berakhir dengan ceria dan terlihat suka cita dari anak tersebut sebelum di bawah pulang oleh istri dan mertuanya. 

"Para tahanan juga manusia, dan mereka ditempatkan di tempat khusus untuk menyadari perbuatan mereka dan Sat Tahti hadir untuk membantu tahanan menyadarkan diri agar perbuatan mereka tidak terulang kembali. Semoga dengan perayaan Ulang Tahun anak dari Tahanan (TS) memberikan kedaran kepadanya bahwa, berdampingan dengan kekuarga adalah hal yang sangat mahal dan semoga hal tersebut dapat merubah hidup TS kedepannya," tutup Aipda Saut H Siahaan. 


(Gb-Ribka05)