Notification

×

Iklan

Iklan

Walau tanpa Dana APBD, KORMI Samosir Terus Berprestasi Sumbang Emas di Dua FORNAS Indonesia

18 Jul 2023 | 16:13 WIB Last Updated 2023-07-18T09:13:26Z

Ketua KORMI Samosir Ria Gurning ketika mendampingi 2 atlet Samosir meraih 2 medali emas pada FORNAS VII Jawa Barat 


GREENBERITA.com- Walaupun tanpa dana pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Samosir melalui dana APBD Samosir, namun KORMI Samosir terus menyumbangkan medali emas di dua event nasional Indonesia yaitu FORNAS VI Palembang dan FORNAS VII di Bandung.


Pernyataan itu dibenarkan oleh Ketua KORMI Samosir Ria Gurning ketika dikonfirmasi greenberita melalui seluler nya pada Selasa, 18 Juli 2023.


"Benar, KORMI Samosir sampai saat ini belum pernah menerima dana APBD dari Pemkab Samosir sejak berdirinya dari tahun 2021 sampai saat ini," ujarnya.


Namun demikian, pihaknya mengaku terus berupaya mendorong pihak-pihak perseorangan yang punya hati untuk mendukung perjuangan atlit untuk terus berprestasi pada event nasional.


"Dimulai dari dukungan Pak Wagub Sumatera Utara Musa Rajekshah yang memberikan bonus pasca atlit meraih medali serta dukungan dari Pak Bupati Samosir Vandiko Gultom yang juga memberikan bonus pasca atlit berprestasi dan bahkan untuk tahun ini Pak Vandiko Gultom berjanji memberikan hadiah pembinaan bila tetap meraih medali, dan kita bersyukur para atlet juga meraih 2 medali emas," jelas Ria Gurning.


Ketika hal tersebut dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Samosir Jonson Gultom mengakui bahwa KORMI Samosir belum pernah menerima Dana APBD Samosir untuk pembinaan.


"Benar, KORMI Samosir belum pernah menerima pendanaan dari APBD Samosir, untuk tahun 2023 sudah akan kita ajukan tapi ada kendala teknis ketika itu,nmungkin kita ajukan di P-APBD 2023 nanti atau APBD 2024," jelas Jonson Gultom.


Dirinya juga mengapresiasi KORMI Samosir yang terus berprestasi walaupun tanpa didukung adanya dana pembinaan dari APBD Samosir dan berjanji akan terus mendukung seluruh atlet KORMI Samosir agar berprestasi.


"Kita apresiasi seluruh pengurus KORMI Samosir yang dipimpin oleh Ibu Ria Gurning yang terus membina atlet nya untuk berprestasi, semoga usah tak kenal lelah ini berbuah yang baik untuk generasi muda Samosir dan kami dari Dinas Pemuda dan Olahraga mendukung sepenuhnya," tegas Jonson Gultom.

Ketua KORMI Samosir Ria Gurning ketika mendampingi 3 4 atlet Samosir raih 2 medali emas, satu perak dan satu perunggu pada FORNAS VI Palembang 


Adapun prestasi para atlet KORMI Samosir dimulai ketika dua atlet Kung-Fu Tradisional bermarga Sitanggang dari KORMI Samosir berhasil meraih medali emas dan Perak pada Fornas VI di Palembang pada Selasa, 05 Juli 2022.


Atlet Kungfu Tradisional (AKTI) dari Samosir tersebut adalah Boby Atmajaya Sitanggang dan Fanyozer Sitanggang ini berhasil menyumbangkan emas dari kelas Kadet 30 Kg. 


"Puji Tuhan, hari ini atlet muda usia 14 tahun asal KORMI Samosir atas nama Boby Atmajaya Sitanggang berhasil menyumbangkan emas untuk Kontingen Sumatera Utara pada Inorga Kung-Fu Tradisional kelas Kadet 30 kg," ujar Ketua KORMI Samosir Ria Gurning SP pada rilis yang diterima greenberitacom ketika itu.


Kemudian pada FORNAS VII 2023 Jawa Barat, kehadiran Ketua KORMI Kabupaten Samosir Ria Gurning SP ternyata mampu memberikan semangat yang membara untuk berprestasi kepada para atlet KORMI Kabupaten Samosir ketika bertanding pada Festival Olahraga Masyarakat tingkat Nasional atau FORNAS VII 2023 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.


Terbukti 2 atlet Samosir dari cabang Asosiasi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) berhasil menyumbangkan 2 medali emas dan satu perak dari cabang Komite YPOK kepada kontingen Sumatera Utara pada Kamis, 6 Juli 2023.


Raihan medali tersebut disampaikan Ketua KORMI Samosir Ria Gurning SP dari rilis yang diterima greenberita pada Kamis, 6 Juli 2023.


"Puji Tuhan, hari ini atlet kita dari Samosir mendapatkan pencapaian berupa 2 medali emas cabang Kungfu Tradisional phibu 45 kilogram melalui atlet kita Fanyozer Sitanggang dan Josua Turnip," tegas Ria Gurning.


Tambahnya, Atlet Kungfu Tradisional juga menyumbangkan medali perak dari atlet Komite YPOK atas nama Nurul F Sitorus.


"Pertama kita sampaikan terimakasih atas dukungan Bupati Samosir dan kita persembahkan prestasi 2 medali emas ini untuk masyarakat Sumatera Utara khususnya rakyat Kabupaten Samosir, semoga menjadi motivasi untuk generasi muda agar terus berprestasi dalam bidang apapun," harap Ria Gurning.


Festival Olahraga Masyarakat tingkat Nasional atau FORNAS VII 2023 itu sendiri resmi dibuka yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/7). 


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memuji antusias masyarakat Jawa Barat yang ikut memeriahkan acara ini. Menpora Dito mengaku bangga dan salut melihat semangat dan antusiasme dari seluruh lapisan masyarakat. 


“Jawa Barat menjadi tuan rumah FORNAS VII 2023 sudah sangat tepat. Antusiasme warga, induk Olahraga sangat positif,” kata Menpora Dito.


Pembukaan FORNAS VII ini ditandai dengan pelepasan ketapel ke udara oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Ikut dalam kesempatan ini Menpora Dito, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua KORMI Nasional Hayono Isman serta sejumlah pejabat lainnya.


(Gb-Amirzal03)