Notification

×

Iklan

Iklan

“Melestarikan Budaya dan Identitas Bangsa”, Parsadaan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) Indonesia Mengelar Pesta Sukuran

7 Jul 2023 | 18:14 WIB Last Updated 2023-07-07T11:17:11Z

Parsadaan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) Indonesia menggelar pesta syukuran di Pantai Tandarabun

GREENBERITA.com - Mengangkat tema “Melestarikan Budaya dan Identitas Bangsa”, Parsadaan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) Indonesia menggelar pesta syukuran di Pantai Tandarabun, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.


Pesta syukuran ini akan berlangsung tiga hari yakni tanggal 6-8 Juli 2023, dan pada
puncak acara diperkirakan akan dihadiri 10.000 warga keturunan Raja Naiambaton dari seluruh Indonesia


Adapun pelaksanaan pesta syukuran para marga- marga keturunan Raja Naiambaton atau PARNA ini yakni narga Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua, Munte Tua dan Nahampun Tua.


Menurut Sekjen PARNA Indonesia, Dr. Ir. Martuama Saragi. MM. CSFA. IPU, ada pun rangkaian acara pesta syukuran PARNA, selama tiga hari di bona pasogit (kampung halaman) akan dilakukan kegiatan sosial dan pagelaran budaya dalam rangka meningkatkan kegiatan budaya tradisionil Batak yang selama ini kurang mendapat perhatian, seperti ” Manogu Horbo tu Borotan dan Mambuat Tua Ni Gondang.


” Disamping melestarikan budaya, pesta syukuran PARNA juga diharapkan mampu memberi efek positif bagi kemajuan pariwisata Samosir, sekaligus peningkatan perekonomian masyarakat.


Acara ini juga dapat meningkatkan kualitas para pengiat – pegiat budaya Batak”, kata Martuama Saragi melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (6/7/2023).


Dalam acara ini Ketua Umum dan Sekjen PARNA Indonesia akan meresmikan dan menandatangani prasasti situs wilayah perkampungan (Parhutaan) Raja Naiambaton di Pusuk Buhit, Samosir.


Pada hari pertama kegiatan pesta syukuran PARNA di Samosir, yakni Kamis 6 Juli 2023, akan dilakukan pelepasan benih ikan ke Danau Toba oleh pengurus PARNA Indonesia yaitu Cornel Simbolon sebagai Ketua Umum, Martuama Saragi Sekjen, Ketua Panitia Pesta Syukuran PARNA, Jumaga Nadeak, Ketua Harian Pesta PARNA, Nasib Simarmata, tokoh PARNA di Samosir Marhuale Simbolon, serta tokoh adat dan budaya di Samosir.


Ketua Umum PARNA Indonesia Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon mengatakan pelepasan benih ikan ke Danau Toba sebagai bentuk kepedulian PARNA
Indonesia agar ikan endemik di perairan Danau Toba bisa terus bertahan dan populasinya meningkat lagi, hingga mampu 
mendongkrak nilai tambah ekonomi serta menjaga keberlanjutan ekosistem.


Kegiatan berlanjut dengan pemberian sembako kepada warga yang vberada disekitar kawasan Pusuk Buhit dan Parbaba, Samosir.


Ketua Pesta Syukuran PARNA 2023., Jumaga Nadeak mengatakan untuk kelancaran dan kesuksesan Pesta Syukuran PARNA 2023 ini panitia melibatkan seluruh konponen adat dan budaya di Samosir.


” Panitia sejak persiapan hingga pelaksanaan kegiatan melibatkan seluruh konponen adat dan budaya di Samosir.


Untuk itu atas nama panitia saya mengucapkan terimakasih bantuan semua pihak sehingga pelaksanaan Pesta Syukuran PARNA 2023 ini dapat berjalan lancar dengan baik, ” ujar Jumaga Nadeak.

(GB-RizalDM)