Notification

×

Iklan

Iklan

Renungan Tengah Minggu, Pdt Dr Anna Pangaribuan: Iman mu Yang Menyembuhkan

4 Mei 2023 | 10:07 WIB Last Updated 2023-05-04T03:07:33Z

Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan 



"Asal ku jamah saja jubahNya, aku akan sembuh " (Markus 5:28)


GREENBERITA.com- Saudara-saudaraku terkasih dalam Kristus Yesus,

Mahatma Gandhi pernah berkata bahwa kesehatan lah yang merupakan kekayaan sejati, bukan kepingan emas dan perak. Artinya betapa mahalnya Kesehatan itu dan tidak dapat dibeli oleh apapun. Oleh karena setiap orang menginginkan kesembuhan apabila dia sakit. 


Terlihat dalam teks renungan ini suatu keinginan sembuh dari seorang perempuan yang sudah 12 tahun mengalami pendarahan ( Markus 5:26). Dari peristiwa ini dapatlah kita belajar untuk hidup beriman yang benar, belajar untuk hidup berpengharapan. Perempuan ini ternyata memiliki semangat hidup dan pengharapan yang tinggi 


Sebagaimana dia mengatakan bahwa asal ku jamah saja jubahNya, aku akan sembuh. Biasanya orang sudah redup semangat hidupnya apabila sudah terlalu lama sakit. Tidak semangat lagi untuk hidup. Nah ini namanya sudah diambang putus asa.


Mungkin karena tidak ada lagi dana yang tersedia untuk berobat; mungkin karena sudah menjadi beban keluarga. Namun berbeda dengan perempuan ini. Perempuan ini masih ingin hidup lebih lama lagi walau dia menderita fisik yang sudah lama, demikian juga hartanya sudah habis untuk berobat. Termasuk masyarakat menjauh darinya. 


Namun keadaan itu tidak membuat perempuan ini menyerah begitu saja. Tetap dia berusaha keras sampai-sampai akhirnya dia menemukan penolong yang tepat yakni perjumpaan dengan Kristus Yesus, Sang Maha Penyembuh itu. Yesus datang ke sana dimana perempuan itu tinggal. 


Yesus tahu bahwa ada seseorang yang akan Ia selamatkan dari maut dan akhirnya kerinduan untuk kesembuhan itu tercapai juga. Ia selamat dari maut dan disebabkan karena imannya. 


Saudaraku terkasih dalam Kristus Yesus,

Itulah iman yang menyelamatkan terjadi pada diri perempuan tersebut. Itu jugalah yang menjadi contoh bagi kita. Iman menjadi kata kunci untuk beroleh keselamatan baik jiwa maupun jasmani. Oleh karena itu, marilah kita datang padaNya memohon pertolonganNya untuk kesembuhan ( healing ). 


Kita percaya kepada Yesus telah menjadi senjata ampuh bagi kita dalam menghadapi berbagai permasalahan. JDengan demikian teruslah beriman kepada Tuhan yang menyelamatkan kehidupan kita secara holistik. 


Iman percaya itu menjadi obat paling mujarab dalam banyak hal, percayalah Mukjizat itu masih ada dan nyata, Amin.


(Penulis saat ini melayani sebagai pendeta resort di HKBP Kramat Jati Jakarta)