Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

KPU Samosir Lantik 45 Anggota PPK, Ika Rolina: Bekerjalah Profesional, Berintegritas dan jaga Netralitas

Rabu, 04 Januari 2023, 19:28 WIB Last Updated 2023-01-04T13:57:52Z
Pengambilan Sumpah Janji Anggota PPK Se-Kabupaten Samosir, (4/1/2023)

GREENBERITA.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir menggelar Pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) pada Pemilu serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Saulina, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara, pada Rabu (4/1/2023).

Ketua KPU Samosir menyampaikan, bahwa pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada 2024 yang tinggal menghitung bulan, akan menjadi pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Pemilu di Indonesia, bahkan dimungkinkan menjadi penyelenggaraan Pemilu terbesar di dunia.

Dan guna mewujudkan Pemilu 2024 dapat berjalan secara demokratis dengan asas pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas, maka Panitia Pemilihan Kecamatan merupakan salah satu komponen penyelenggara Pemilu yang memiliki peran penting sekaligus strategis.

"Selaras dengan hal tersebut, maka Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang sedang kita laksanakan ini, diharapkan bisa menjadi tonggak pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Samosir yang dapat berjalan dengan damai, kondusif, dan transparansi," kata Ika Samosir.

Ika juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Samosir yang telah mendukung penyelenggara dalam proses fasilitasi tempat dan informasi pada seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Se-kabupaten Samosir.

Para anggota PPK yang baru saja dilantik diharapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah serta bekerja secara profesional, berintegritas, dan bisa menjaga netralitas, mengingat netralitas penyelenggara Pemilu merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.

"Kami percaya, dalam mengemban tanggungjawab dan tugas yang tidak ringan ini, saudara yang dilantik, dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, serta dapat menjawab segala persoalan yang muncul dengan memperkuat sinergitas dan berkolaborasi dengan komponen lainnya sesuai dengan kewenangan dan aturan yang telah ditentukan," ucap Ika Samosir.

KPU Samosir Lantik 45 Anggota PPK guna Pemilu dan Pilkada 2024, (4/1/2023)

Dia menyebutkan, semula jumlah pendaftar anggota PPK di Kabupaten Samosir sebanyak 243 orang, kemudian yang lolos seleksi administrasi sejumlah 153 orang.

"Dilanjutkan dengan seleksi CAT (Computer Assisted Test) menjadi 153 orang, hadir 146 orang tidak hadir 7 orang dan test wawancara menjadi 121 orang, jadi 55 orang itu yang telah terpilih," kata Ika Samosir.

Lanjutnya, jumlah peserta yang mendaftar untuk menjadi anggota PPK Pemilu Tahun 2024 lebih banyak dibanding dengan Pemilu sebelumnya yang dikarenakan mekanismenya melalui online.

"Begitu juga dengan rekrutmen anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara). Sedangkan untuk rekrutmen PPS saat ini sampai ditingkat verifikasi berkas administrasi, hari ini akan diumumkan hasilnya (rekrutmen PPS)," pungkasnya.

Hadir pada pelantikan tersebut Anggota KPU Samosir Robinsar Junaidi Barus, Gomgom Situmorang, Barita Malau dan Monang Sinaga serta Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga. 

Adapun nama-nama PPK Se-kabupaten Samosir yang dilantik adalah, 

Kecamatan Sianjur Mula-mula :

1.Santony Heppi Bren Limbong

2.Frans Immanuel Parasian Sagala

3.Faria Danda Sagala

4.Joni Hangler Sagala

5.Luster Habeahan

Kecamatan Harian :

1.Johar Mb Manik

2.Wilihar Jokro Sagala

3.Petrus Harli Situmorang

4.Sehat R Sinaga

5. Karolina Sihotang

Kecamatan Palipi :

1.Edward Pengki Simamora

2.Tangiang Saut Mangido Gultom

3.Marsitik Sinaga

4.Ignasius Maruli Sinaga

5.Liberti Manihartua Sinaga

Kecamatan Nainggolan :

1.S.T. Mangapul Satjulina Sinaga

2.Martogi Siringoringo

3.Aslin Parhusip

4.Santo Samuel Sinaga

5.Marudut Lumban Tungkup

Kecamatan Onan Runggu :

1.Guido Hotlantua Situmorang

2.Hesbon Samosir

3.Sarlon Sitinjak

4.Yoel Christian Samosir

5.Lily Br.Pelawi

Kecamatan Simanindo :

1.Mariana Ambarita

2.Shirley Lusia Marietta Sidabutar

3.Armin N Lambarita

4.Emerzon Siadari

5.Sandelyna Sinaga

Kecamatan Pangururan : 

1.Adiwan Nainggolan

2.Doras Marulak Parsiholan Naibaho

3.Labetua Kornelius Situmorang

4.Vincentius A M Sitinjak

5.Ester Angriani Malau

Kecamatan Ronggur Nihuta :

1.Manuntun Naibaho

2.Demson Maruli Tua Manik

3.Togitua Barnabas Samosir

4.Henglis Pandiangan

5.Sahatmatua Indra Lamsina Simbolon

Kecamatan Sitio Tio : 

1.Jenda Tamba

2.Daniel Sinaga

3.Rosta Sirait

4.Luhut Pandapotan

5.Leonardus Sinaga


(Gb-Aksel02)

Iklan