Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pola Sinergitas, Tangkas Manimpan dan Bupati Samosir Serahkan 3 Sampan Bermotor ke Nelayan

Minggu, 04 Desember 2022, 14:56 WIB Last Updated 2022-12-04T07:56:59Z
GREENBERITA.com- Keseriusan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom untuk menjalin sinergitas dengan pemerintah atasan tampaknya sudah mulai menuai hasil. 

Salah satunya, berhasilnya Vandiko Gultom meyakinkan Anggota DPRD Sumatera Utara untuk membawa aspirasinya dari kue pembangunan khususnya dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara. 

Tangkas Manimpan Lumbantobing membawa 3 kapal bermotor kepada nelayan di Kabupaten Samosir guna peningkatan penghasilan nelayan di Danau Toba sebagai daerah perikanan tangkap Sumatera Utara. 

"Ini merupakan aspirasi dari masyarakat Samosir yang diminta Pak Bupati Samosir untuk saya perjuangkan di Pemprov Sumut, dan Puji Tuhan saya berhasil mewujudkannya sehingga hari ini dapat diberikan kepada masyarakat nelayan di Samosir," ujar Tangkas Manimpan kepada Greenberita di Pantai Situngkir, Kecamatan Pangururan, pada Minggu, (27/11/2022). 

Penyerahan 3 sampan bermotor tersebut diserahkan disela penaburan 80.000 benih ikan serta lomba pancing ikan hama, guna meningkatkan populasi ikan endemik atau ikan asli di Danau Toba. 

Ditambahkan Anggota DPRD Sumatera Utara Tangkas Manimpan Lumbantobing, dirinya meminta seluruh warga untuk memakai sampan bermotor ini dengan baik sembari ikut berupaya meminimalisir pertumbuhan ikan hama yang biasa disebut Red Devil Fish supaya ikan endemik seperti Nila dan Mujair yang disebar sebanyak 80.000 benih dapat berkembang biak dan beranak pinak. 

"Karena lomba menangkap Ikan Hama atau Red Devil Fish dan penyerahan sampan bermotor ini kita gelar untuk meminimalisir perkembangan ikan hama yang terbukti sebagai pemangsa ikan endemik di perairan Danau Toba, sehingga 80.000 benih ikan endemik seperti Nila dan Mujair yang kita sebar hari ini dapat berkembang biak dan beranak pinak untuk kesejahteraan para nelayan di Samosir," ujar Tangkas Manimpan Lumbantobing. 

Wakil rakyat yang biasa disapa Tamado ini menjelaskan bahwasanya Ikan Hama ini berasal dari Danau Nikaragua di Amerika Tengah, dan disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab di perairan Danau Toba. 

"Dan kita juga telah mendorong dinas terkait untuk melakukan penelitian agar diketahui kegunaan serta nilai ekonomis dari ikan ini sehingga masyarakat pun berlomba menangkapnya," tutur Tagkas Manimpan. 

Pada lomba menangkap ikan hama di Pantai Situngkir ini, tampak penuh antusias ratusan penangkap ikan hama menyebarkan pancing bahkan jaringnya ke Danau Toba untuk memastikan penangkapan ikan yang terbukti selama ini menyusahkan para nelayan Samosir. 

Tampil sebagai pemenang adalah KUA Siaek Mual sebagai juara I dengan meraih uang sebesar Rp. 5 juta, Team Desa Situngkir sebagai juara II dengan raihan Rp 3,5 juta serta team Cobra sebagai juara III dengan raihan Rp. 2 juta. 

Dalam sambutannya, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengapresiasi kreativitas kegiatan dari Anggota DPRD Sumatera Utara serta penyerahan 3 sampan bermotor ini untuk membantu rakyat Samosir khususnya para nelayan untuk mengurangi ikan pemangsa ikan endemik serta melakukan penebaran benih ikan endemik di Danau Toba. 

"Kegiatan ini adalah sebut kreativitas yang baik dari Tangkas Manimpan Lumbantobing untuk membantu rakyat khusus masyarakat nelayan di Samosir berupa 3 sampan bermotor dalam upaya membasmi ikan pemangsa ikan endemik yang meresahkan para petani sekaligus melakukan penebaran 80.000 ikan asli di perairan Danau Toba Samosir, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan" ujar Vandiko Timotius Gultom. 

Bupati Samosir kembali berterimakasih atas kegigihan Tangkas Manimpan Lumbantobing untuk membawa kue pembangunan dan bantuan ke Kabupaten Samosir. 

Anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumban Tobing juga tercatat telah banyak membantu Kabupaten Samosir termasuk perbaikan jalan propinsi di Samosir senilai 58 M dan Bantuan keuangan senilai 5 M dari Provsu. 

"Terima kasih kepada Tangkas Manimpan Tobing, yang tetap memperhatikan Kabupaten Samosir dengan membawa program dari Propinsi Sumatera Utara untuk kesejahteraan masyarakat Samosir," ucap Vandiko Timotius Gultom. 

Pasa kegiatan pasar murah yang digelar di Pantai Situngkir tampak menyediakan, beras, minyak goreng, gula pasir, ayam ras, tepung terigu, sirup dan ikan sarden. Selain itu diberikan juga bantuan bibit ikan Jahir dan Nila sebanyak 5.000 ekor.

Juga dibagikan tas bagi peserta lomba memancing ikan hama serta benih ikan unt masyarakat pemilik kolam darat. 

Dalam pelaksanaan pasar murah ini, masyarakat terlihat antusias dan berbelanja kebutuhan pokok dengan tertib.

Tampak hadir Sekretaris dinas kelauatan dan Perikanan Suharyadi S.Sos, M. si dan
Kabid Perikanan Tangkap Yuliani Siregar serta Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kades Situngkir Bpk Sipayung dan Ketua PP Samosir Punguan Situmorang. 


(Gb-Aksel02)

Iklan