Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Kukuhkan Kelompok Darwis Sipatungan, Vandiko Gultom: Berdayakan Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Warga

Sabtu, 10 Desember 2022, 20:30 WIB Last Updated 2022-12-10T13:30:57Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Destinasi Sipatungan di Desa Sabulan, Bukit Sipatungan, Sumatera Utara pada Sabtu, (10/12/2022). 

Kegiatan pengukuhan turut dihadiri oleh tokoh masyarakat dan Anggota DPR Pantas Maroha Sinaga, Sekwan Ricky Rumapea, Asisten 1 Tunggul Sinaga, Kadis Pariwisata Tetti Naibaho, Kadis Sosial Agus Karokaro dan beberapa dinas terkait . 

Walau menggunakan transportasi umum, Bupati Samosir tampak semangat menjelajahi bukit berbatuan menuju Bukit Sipatungan untuk melihat langsung perkembangan destinasi indah di atas awan ini. 

Tampak Bupati Samosir mengukuhan para anggota kelompok Sadar Wisata daerah Sabulan yang terdiri dari beberapa tokoh Masyarakat hingga Anggota DPRD Samosir yakni Pantas Maroha Sinaga yang di kukuhkan menjadi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta beberapa unsur keanggotaan masyarakat lainnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Samosir berharap dengan pengukuhannya dan terbentuknya Pokdarwis ini bisa membuat kerjasama dan sinergitas yang baik untuk mengembangkan Pariwisata Samosir yang dapat menurunkan angka pengangguran disekitarnya. 

"Kerjasama yang baik serta aktif dalam pengembangan pariwisata di desa wisata dan menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dapat mengurangi angka pengangguran dengan memberdayakan masyarakat setempat sehingga dapat meningkatkan perekonomian di sekitar Desa Sabulan pada khususnya dan Kecamatan Sitiotio pada umumnya" ujar Vandiko Gultom. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga yang baru saja di kukuhkan menjadi Ketua Pokdarwis juga menyampaikan harapan serta dukungan dari Pemkab Samosir. 

"Melalui acara ini Pak Bupati ingin kami sampaikan kami ingin bekerja keras yaitu kerja keras kami tidak akan ada apa-apanya ketika Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi Sumut dan juga pemerintah pusat tidak mendukung kami dalam peningkatan pariwisata di kecamatan Sitio-tio ini, " ujar Pantas Sinaga 

Menurutnya, destinasi wisata Sipatungan ini adalah yang terbagus di Desa Sabulan. 

"Terlebih di bidang infrastruktur yang ada saat ini sejak dahulu sebenarnya sudah menjadi objek wisata yang diminati oleh masyarakat terkhusus masyarakat Kabupaten Samosir yang datang ke tempat ini, " tambahnya.

Terpisah, Kadis Pariwisata Tetti Naibaho meyakini destinasi Sipatungan Desa Sabulan akan berkembang kedepannya. 

"Hari ini pelestarian pengembangan pembangunan pariwisataan dapat berjalan dengan baik di Desa Wisata Sabulan dalam rangka mendukung percepatan pengembangan dan pertumbuhan ekonomi segenap masyarakat, secara khusus di Desa Wisata Sabulan, apalagi Pak Bupati berkenan mengukuhkan pengurus kelompok sadar wisata sekaligus nantinya memberikan bimbingan untuk memotivasi para seluruh pengurus dan juga anggota, " ujar Tetti Naibaho. 

Pemkab Samosir juga memberikan cinderamata kepada anggota Pokdarwis yang baru saja di lantik untuk lebih termotivasi dalam pengembangan destinasi Sipatungan. 

(Gb-Aksel02)

Iklan