Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Sosialisasi SIAKBA, KPU Samosir Gelar Serentak Tata Cara Pendaftaran Adhoc

Minggu, 27 November 2022, 11:10 WIB Last Updated 2022-11-27T04:10:20Z
GREENBERITA.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menggelar sosialisasi tahapan pemilu dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 guna persiapan pembentukan Badan Adhoc, sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir di Aula HKBP Pangururan, Jumat (25/11/2022) mengatakan melalui sosialisasi disampaikan informasi semua tahapan Pemilu 2024 dari awal hingga akhir sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 03 tahun 2022.

"Kita berharap para Camat dan aparat desa yang mengikuti sosialisasi hari ini nantinya bisa memberikan pemahaman terkait penggunaan hak suara kepada warganya dan memastikan mereka sudah terdata sebagai pemilih," ujar Ika Rolina Samosir. 

Ika mengatakan, partisipasi masyarakat pada Pemilu 2023 sangat diharapkan agar pemilu menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan kehendak dan aspirasi masyarakat.

Terpisah, Komisioner Divisi Sosdiklih, Partisipasi dan SDM KPU Samosir Monang Sinaga mengatakan, sosialisasi tahapan Pemilu juga penting dilakukan guna pembentukan Badan Adhoc sebagai perpanjangan tangan dari KPU jelang Pemilu serentak 2024.

"Beberapa persyaratan yang baru ditetapkan oleh KPU pusat terkait rekrutmen PPK, PPS dan KPPS salah satunya pembatasan maksimal usia 55 tahun dan minimal usia 17 tahun," ujar Monang Sinaga m

Monang juga menyampaikan mengenai aplikasi SIAKBA, yaitu aplikasi pendaftaran badan penyelenggaraan pemilu, masyarakat yang berminat mendaftar tanpa harus datang ke kantor KPU Samosir. 

Kegiatan sosialisasi SIAKBA ini tampak dihadiri oleh seluruh kepala desa dan camat, serta masyarakat kecamatan. 

Kegiatan sosialisasi SIAKBA ini dilakukan secara serentak di empat lokasi kegiatan yaitu Kecamatan Pangururan, Simanindo dan Ronggurnihuta dilaksanakan di Aula HKBP Pangururan.

Pada Kecamatan Palipi, Sitiotio di Aula Kantor Camat Palipi dan Kecamatan Nainggolan serta Onanrunggu dilakukab di Aula Sipinggan Beach.

Untuk Kecamatan Harian dan Sianjurmula-mula di lakukan di Aula Kantor Camat Harian.

Sampai pada Jumat, 24 November 2022, rekap jumlah yang mendaftar pada Aplikasi SIAKBA pukul 17.53 WIB adalah 184 peserta dengan rincian:

1. Mengisi Berkas 27 peserta

2. Mengupload Persyaratan 102 peserta

3. Mengkonfirmasi Data dua peserta

4. Menunggu Pengecekan Berkas 33 peserta

5. Berkas Diterima 20 peserta. 

Nantinya penetapan Seleksi Administrasi sesuai jadwal dilakukan pada tanggal 2 Desember sampai 4 Desember 2022, dan jadwal Ujian Tertulis dilaksanakan pada tanggal 5 Desember sampai 7 Desember 2022.

Adapun metode ujian tertulis direncanakan akan dilaksanakan dengan metode CAT (Computer Assisted Test), untuk tempat pelaksanaan seleksi tertulis masih di koordinasikan dengan pihak sekolah yang berada di Pangururan.

(Gb-Aksel)

Iklan