Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Libur Nataru, Ini Data dan Kesiapan Destinasi Samosir sambut Wisatawan

Rabu, 30 November 2022, 13:18 WIB Last Updated 2022-11-30T06:18:18Z
GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten Samosir melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder guna persiapan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Senin, 28 November 2022 di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir.

Sebagai leading sektor bidang wisata, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetty Naibaho S.Sos bicara tentang grafik kunjungan, data akomodasi dan kesiapan serta analisis data objek wisata.

"Sampai Oktober 2022, trend kunjungan wisata nusantara dan mancanegara ke Samosir terus meningkat," ujar Tetty Naibaho.

Saat ini di Samosir ada 121 penginapan dengan jumlah kamar 2088 kamar serta 310 homestay dan yang aktif ada 44 homestay.

"Bahkan tercatat ada hotel yaitu Hotel Tabo, Samosir Villa dan Samosir Cottage dari tanggal 24-28 Desember sudah full," jelas Tetty Naibaho.

Saat ini Bupati Samosir telah menerbitkan surat penerapan aplikasi peduli lingkungan serta penegasan protokol kesehatan bidang kepariwisataan di wilayah Kabupaten Samosir.

"Selain penerapan protokol kesehatan, kami juga meminta kerjasama semua pemilik hotel dan destinasi wisata serta tempat ibadah untuk dapat menjaga kebersihan toilet ditempat nya masing-masing," ujar Tetty Naibaho.

Tetty Naibaho juga mengungkapkan beberapa objek wisata unggulan di Kabupaten Samosir yaitu '

1. Pusat Informasi Geopark Sigulati di Kecamatan Sianjurmula,

2. Makam Tua Raja Sidabutar di Kecamatan Simanindo

3. Pantai Pasir Putih Pea Siallagan Pindaraya di Kecamatan Simanindo,

4. Museum Huta Bolon di Kecamatan Simanindo

5. Batu Kursi Parsidangan Siallagan di Kecamatan Simanindo.

6. Pantai Batu Hoda di Kecamatan Simanindo

7. Danau Aek Natonang di Kecamatan Simanindo, dan

8. Objek Wisata Sibeabea dan Bukit Holbung Sipege di Kecamatan Harian.

"Khusus objek wisata Sibeabea, saat ini ditutup karena sedang finalisasi pembangunan, dan direncanakan di buka kembali mulai 20 Desember 2022 ini," jelas Tetty Naibaho.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Samosir Tunggu Sinaga menyatakan perlu kerjasama serta keselarasan kinerja seluruh stakeholder untuk memastikan para wisatawan nyaman berlibur di Samosir.

"Kita berterimakasih atas kerjasama seluruh stakeholder yang hadir hari ini khususnya dari unsur kepolisian guna memastikan kenyamanan pengunjung ke Samosir pada liburan Nataru," tegas Tunggul Sinaga.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Satpol PP dan Plt Kadis PUTR Rudhimanto Limbong, Plt Kadis Ketapang dan Pertanian Dr Tumiur Gultom, Kadis Koperindag, Rista Sitanggang m, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Kadis Kesehatan Dr Dina Hutapea serta perwakilan Kadis BPBD Samosir dan seluruh Camat di Kabupaten Samosir.

(Gb-Aksel02)

Iklan