Persiapan Pelepasan Atlet Samosir ke POR Provsu, KONI Lakukan Audensi ke Kajari Samosir -->

VIDEO

Persiapan Pelepasan Atlet Samosir ke POR Provsu, KONI Lakukan Audensi ke Kajari Samosir

Senin, 24 Oktober 2022

Kajari Samosir Andi Adikawira menerima audiensi pengurus KONI Samosir, Senin (24/10/2022)

GREENBERITA.com- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara 2022 akan berlangsung di Kota Medan pada tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2022. 

KONI Kabupaten Samosir juga akan mengirimkan atlet hasil seleksi sebanyak 29 dari 5 cabang olahraga, yaitu Cabang Whusu Indonesia, Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki), IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), Muaythai dan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). 

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KONI Kabupaten Samosir Marihot Simbolon ketika melakukan audiensi kepada Kajari Samosir Andi Adikawira Putra, SH, MH diruang kerja Kajari Samosir, Jalan Hadrianus Sinaga, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara, Senin (24/10/2022). 

"Guna persiapan dan pelepasan atlet dari KONI Samosir, kami memohon kesediaan Pak Kajari untuk hadir memberikan motivasi sekaligus melepas para atlet tanggal 28 Oktober 2022 ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara 2022 akan berlangsung di Kota Medan," ujar Marihot Simbolon. 

Secara simbolis, KONI Samosir yang didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Fernando Sitanggang dan Ranto Limbong memberikan training pakaian olahraga kepada Kajari Samosir, Kasi Intel Tulus Tampubolon, SH, MH dan Kasi Datun Ris Sigiro, SH. 

Menyikapinya, Kajari Samosir Andi Adikawira menyambut baik undangan KONI Samosir untuk memberikan motivasi sekaligus melepas para atlet. 

"Saya senang dengan kegiatan olahraga ini karena saya juga cinta olahraga, dan akan berupaya hadir untuk kegiatan tersebut nanti," ujar Andika. 

Dirinya berpesan kepada KONI Samosir untuk lebih aktif untuk melakukan pembinaan kepada para atlet agar lebih tercipta para atlet yang berprestasi. 

"Walaupun mungkin anggaran dianggap masih kurang, saya berpesan kepada pengurus KONI untuk terus melakukan pembinaan kepada cabang olahraga yang dianggap berprestasi supaya mereka lebih termotivasi, pokoknya secara pribadi saya mendukung," tegas Andi Adikawira yang begitu menggandrungi olahraga Badminton dan Tenis. 

Diberitakan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak seluruh KONI Kabupaten dan Kota terutama penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara 2022.

Sebanyak 3.067 atlet akan bertanding pada cabang olahraganya masing-masing untuk memperebutkan medali pada Porprov 2022 kali ini.

"Atletnya berjumlah 3.067 dengan rincian 2.107 atlet putra dan 960 atlet putri. Mereka akan bersaing di 17 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov Sumut mendatang," jelas Ketua PB Porprov Sumut 2022, Sakiruddin. 

Pihak penyelenggara Porprov 2022 telah melakukan sejumlah persiapan termasuk penyediaan ID Card untuk atlet, pihak ofisial kontingen masing-masing daerah. Antusiasme menyambut Perprov 2022 ini ditandai meningkatnya permintaan ID Card.

"Jumlah permintaan tanda pengenal terus meningkat dan kita memang telah mengantisipasinya. Termasuk untuk semua tenaga dan relawan yang direkrut Panpel 17 Cabor yang dipertandingkan," jelas Sakaruddin.

Persiapan lainnya juga terus berjalan di masing-masing bidang. Salah satunya verifikasi anggaran yang telah diajukan oleh pihak Panpel 17 cabang olahraga, agar sesuai dengan sistem anggaran keuangan negara.

Dengan diselenggarakannya Porprov 2022 di Sumatra Utara, menjadi bagian dari upaya mematangkan para atlet untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Ditambah lagi, Sumatra Utara dan Aceh akan menjadi tuan rumah.

Selain persiapan dari segi atlet, Porprov juga diharapkan sebagai tolak ukur kinerja para penyelenggara ketika perhelatan PON 2024 mendatang.

"Makanya kita mengharapkan penyelenggaraan Porprov Sumut 2022 ini bisa menjadi miniatur PON 2024. Jangan sampai ada Kabupaten/Kota yang bermasalah hingga merugikan Sumatera Utara nantinya," pungkas Sakkarudin.

(Gb-Aksel02)

Loading...